PENGEMBARA JIWA

(Menemukan Cahaya Abadi di dalam Lautan Tauhid dan Tasawuf)

Surat Anda

157 Tanggapan to “Surat Anda”

  1. robbie said

    Assalamu Alaikum wr..wb..

    Wahai Pengembara Jiwa yang dimuliakan Allah…

    saya punya problem berat selama lebih 20 tahun, sekitar 20 thn yang lalu saya melakukan kesalahan besar pada Allah dan itu terus menjadi hijab, Alhamdulillah pisau taqdirNya memotong zahir dan batin saya, saya ingin curhat pada anda mohon pendapatnya apa yang harus saya lakukan. Saya banyak ngalamin kejadian yang ga masuk akal. Apakah boleh curhat masalah ini pada anda (rahasia diri dengan Allah). saya hampir ga pernah curhat sama siapapun. Saya bingung gimana jalan keluarnya, segala cara udah saya lakukan. Apakah dimedia ini atau ke email anda wahai sahabatku (kalo boleh saya jadi sahabat anda).

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Alhandulillah…

    Wasalam…

    Robbie/Vicky robiyanto

  2. Wa’alaikum Salam Wr,Wb

    SAudara Robbie, jika Anda hanya menginginkan masukan dari pada Saya silahkan tulis Email ke Saya.

    Akan tetapi jika Anda, selain menginginkan masukkan dari saya juga menginginkan pendapat dari teman2 yang di Pondok PJ ini, maka silahkan tulis lewat Pondok ini saja….

    Yang Jelas, Saya sangat senang sekali berbagi kepada Saudara2 saya yang ada di Pondok ini.

    Rahmat Allah, Berkah Allah, Cinta Allah, selalui menyertai kita semua yang ada di Pondok ini. dan membiaslah Berkah itu kepada keluarga kita, saudara kita, teman dan sahabat kita, serta kerabat2 kita semuanya…….

    Aamiin…

  3. Siliwangi said

    Alhamdulillah akhirnya ada juga orang yang bisa memaparkan alam ma’rifat dgn sebaik2xnya tidak ngejelimet dan yang jelas mudah d cerna oleh orang awam sekalipun..semoga akan selalu seperti itu. Dan point pentingnya adalah apa yg d paparkan d blog saudaraku ini adalah hasil dari pengalaman pribadi dan bukan dari katanya s A atau s B . Saya hanya bisa katakan bahwa sekarang saudaraku berada d jalur pemahaman yg tepat pertahankan itu karena sesungguhnya musuh2x Allah akan selalu merongrong perjalanan kita d dunia ini . Salam hormat saya untuk saudaraku s pengembara jiwa.

  4. @Siliwangi
    —————-

    Alhamdulillah………….

    Terimakasih atas dukungannya, Al-Haq Bil-Haq telah menaungi Anda dan telah memakaikan pada diri Anda Pakaian Tauhid yang di lengkapi dengan atribut Islam, Iman dan Ihsan.

    Salam cinta kasih Allah atasmu Saudaraku……… Siliwangi

  5. siliwangi said

    sama sama saudaraku s pengembara jiwa

  6. Siliwangi said

    Mas PJ bolehkah saudaramu ini menjadi pengunjung tetap d pondokmu sekedar untuk penyeimbang saja ? Mudah2x apa yg menjadi tujuan d buatnya blog ini yaitu meluruskan apa yang seharus d luruskan tentang keislaman selalu berada d dalam Ridho-NYA .

  7. Assalamualaikum wr. wb.

    Tuanku syekh Pj apa sih yang dimaksud :
    ilmul yaqin…pangkatnya Fana lil-af’al pandangannya Laaa Ma’buda illallah…
    Ainul yaqin..pangkatnya Fana fis-sifat..pandangannya Laa Maqsuda illallah…
    Haqul yaqin …pangkatnya Fana Fidz-dzat..pandangannya laa Maujuda illallah…

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Alhamdulillah..

  8. @Siliwangi

    Alhamdulillah……..

    Silahkan Mas Siliwangi saudaraku, saya sangat senang sekali jika anda mau ikutan bergabung di Pondok PJ ini. Dan jika perlu ikutlah untuk memberikan masukkan kepada saudara2 yang lain dengan masukkan yang mencerahkan….

    Terimakasih…..

    Allah beserta kita semua…

    @Hinakelana

    Ilmul Yaqin, Ainul Yaqin, Hakqqul Yaqin adalah tahapan dalam pendirian seseorang dalam pandangan Musyahadahnya (penyaksiannya) kepada Allah Swt.

    Di dalam Ilmul Yaqin segala pengetahuan ilmu telah diliputi dengan Ilmu Allah sehingga apapun amaliah maupun ubudiyah itu semua menunjukkan dari pada lautan Ilmu Allah Ta’ala.

    Di dalam Ainul Yaqin, tatkala seseorang ‘arifiin’ telah melihat sesuatu amalaiah dan ubudiyah diliputi oleh Ilmu Allah kemudian ia menyaksikan bahwa di dalam gerak dan diam (lelaku) itu adalah saksi Hidupnya Allah Ta’ala yang menunjukkan adanya Allah Ta’ala sebagai tujuan hidupnya. dengan Merasakan dan menyadari gerak dan diam, suara dan perkataan itu adalah saksi hidupnya Allah Ta’ala maka sama halnya ia merasakan dan menyadari kehadiran Allah Ta’ala dekat sekali dengan dirinya. “Bukan menghadirkan Allah” akan tetapi menyadari bahwa “Allah senantiasa Maha Hadir atas dirinya dan sekalian Alam meliputi tiap2 sesuatu”. “Wahuwa Ma’akum Ainama kuntum” (Dia Allah serta kamu di mana kamu berada).

    Haqqul Yaqin, adalah kemantapan dalam pendirian yang kokoh setelah ia mengetahui kemudian ia melihat dengan penyaksian lalu kemudian tertanam sedalam2nya pada dirinya bahwa : “SEGALA SESUATU APAPUN YANG TERLIHAT, TIDAK ADA YANG ADA MELAINKAN ILMU ALLAH TA’ALA, SEGALA SESUATU APAPUN YANG TERDENGAR TIDAK ADA YANG ADA MELAINKAN KALAM ALLAH TA’ALA, DAN TIDAK ADA YANG TERASA MAUPUN DIRASAKAN MELAINKAN SIRRULLAH (ZATULLAH)”.

    Setelah semua perjalanan dan tahapan itu misra/meresap pada diri, maka Allah akan JAZBAH dirinya sehingga sampailah ia pada maqom “KAMALUL YAQIN”

    Semoga berkenan…….

    • ilham said

      tahapan kamulul Yaqin adalah bila kita mencapai pada tingkat Aku Kenal Allah, dan Allah Kenal Aku, Aku Cinta Allah dan Allah Cinta Allah. kalau menurut saya, Tingkat Rasa itu berhubungan langsung antara Hamba dengan Tuhannya. kenapa ada rasa karena Rasa adalah RAHASIA Allah.

  9. hasbi said

    Assalamu alaikum, wr.wb

    Mas PJ, saya adalah pengunjung baru, saya mau nanya seperti apa shalat yang baik yang betul2 sesuai dengan sholatnya Rasulullah Saw.

  10. Wa’alaikum salam Wr,Wb

    Salam kenal buat SAudara Hasbi….(Anda kawannya Akayr ya..?

    Mengenai Sholat, coba deh…! anda buka postingan Zikir dalam Sholat beserta komentar saudara2 kita yang lain. Disitu juga sudah ada komentar saya.

    Setelah anda baca masih ada yang kurang anda mengerti silahkan anda tanyakan lagi ke Saya, Insya Allah akan saya bantu untuk menguraikannya agar lebih memahaminya……

    Terimakasih, atas kunjungannya…

    Wassalam

  11. akayr said

    Assalamu Alikum wr wb…

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
    Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
    Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
    Yang menguasai hari pembalasan.
    Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan
    Tunjukilah kami jalan yang lurus,
    (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

    Salam dan sholawat semoga tercurah kepada junjungan kita Nabiullah, Rasulullah, Habibullah Muhammad SAW.

    Semoga kita sekalian di ridhoi Allah sampai kelak kembali kepadaNYA…

    Sdra PJ, mohon kalau ada waktu diangkat sedikitn ulasan tentang “Qurban dan Haji”, mengingat sudah dekat Idul Qurban

    Wassalam.
    akayR

  12. Akayr

    Insya Allah….. semoga di berkati dan di rahmati serta ridho Allah atas kita.

    Jika tidak ada hambatan, saya akan posting ttng “Qurban dan Haji”.

  13. fadien said

    Assalamu alaikum, wr.wb

    Mas PJ, saya adalah pengunjung baru, salam kenal dari saya, saya sangat tertarik dengan pondok ini, ada kesamaan dengan yang saya jalani dan saya alami sekarang ini,meski saya masih pemula dan masih mengharap bimbingan dari yang hatinya hidup. kalau boleh dan berkenan saya mau curhat lewat email, mau mengupas “Wahuwa Ma’akum Ainama kuntum”

    sebelumnya terima kasih,

    Semoga kita mendapat ridho dari Hu

    Wassalam
    fadien

  14. @Fadien

    Wa’alaikum salam Wr,Wb

    Salam kenal kembali…. dan selamat datang di Pondok PJ.

    Semoga apa2 yang tertulis di dalam Pondok ini bisa bermanfa’at untuk kita semuanya….. Aamiin.

    Saya sangat senang sekali jika ada yang mau untuk berdiskusi/curhat apakah melalui Email ataupun melalui “YM”, silahkan saja…..

    Terimakasih kembali untuk saudaraku telah berkunjung.

    Ridho “Hu” senantiasa menyertai Hamba2-Nya yang bersungguh2 dan Ikhlas untuk bertemu dengan-Nya.

    Wassalam

  15. hasbi said

    Assalamu Alaikum Wr.Wb.

    Semoga Kita Senantiasa mendapat perlindungan dan petunjuk dari Allah SWT, Amin ya robbal Alamin.

    Mas PJ, oh iya saya teman Akay.

    Dua kalimat Syahadat setiap hari kita ucapkan. Namun saya sebagai orang awam masih kurang paham tentang kakikinya syahadat. Mas PJ Hakikinya syahadat itu yang mana yg dimaksud ?

    Terima kasih.

  16. @Hasbi

    Wa’alaikum salam Wr,Wb

    Aamiin…. Ya… Robbal Aalamiin….

    Mas Hasbi yang di rahmati Allah…..

    Sesungguhnya Syahadat itu adalah suatu “penyaksian”, bukan hanya mengucapkan semata. Dan untuk menyaksikan itu tentu dengan melihat kepada siapa yang disaksikan.

    Jadi jika anda bertanya ttng Hakikinya Sayahadat berarti yang anda maksud sudah berada pada tataran “kebenaran Penyaksian”.

    Dan kebenaran akan Penyaksian dan Rosulnya sudah ada pada saksi dan bukti-Nya. Dimana saksi dan Bukti-Nya itu bisa kita rasakan pada diri sebagai jembatan untuk mengenal akan Allah.

    Walaupun saksi dan Bukti Allah itu meliputi sekalian Alam, akan tetapi pusat dari pada saksi dan buktinya itu ada pada Insan/MAnusia. Sehingga dengan kita merasakan kehidupan yang ada pada diri kita seperti : kenapa bisa melihat, kenapa bisa mendengar, kenapa bisa berkata2, kenapa bisa bergerak dan kenapa ada kehidupan pada diri dll. Itu semua menunjukkan bahwa semua yang ada pada diri kita dan kenapa ada kehidupan pada diri kita…. itu semuanya adalah Saksi dan bukti adanya Allah dan Rosul-Nya.

    Ketika anda Sholat, beramal, beribadah dan beraktivitas sehari2, sadarilah bahwa tanpa Allah anda tidak akan bisa berbuat apa2. Jadi kesimpulannya jika anda menyadari bahwa gerak diam anda adalah saksi dan bukti bahwa dengan Allah anda bisa berlaku dan berbuat maka itu lah yang dinamakan “Penyaksian”/”Sayahadat”, walaupun penyaksiannya masih sebatas Af’al Allah Ta’ala tetapi itu sudah merupakan suatu penyaksian yang diterima daripada hanya sekedar mengucap tetapi tidak menyadari apalagi untuk merasakannyapun tidak tahu.

    Bukankah anda domisili tempat anda tinggal sama dengan saya? silahkan datang ketempat saya… Insya Allah kita akan berdiskusi…

    Wassalam….

  17. Otok HM said

    Assalamu alaikum, wr.wb

    Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, krn hanya atas ridhoNya kita bisa bertemu. dan tidak lupa serta tidak henti2nya selalu kita sampaikan salam kasih kita kpd junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat, serta umatnya hingga akhir jaman, Amiiiin.
    Mas PJ, saya adalah pengunjung baru, akhirnya saya menemukan blog yang sungguh luar biasa bagus dan menarik.
    Salam kenal dari saya, semoga bisa menambah persaudaraan kita sesama umat Islam.

    Terima kasih
    Wassalam…wr. wb.

    Wassalam.
    Mr. Ot

    • @Otok Hm

      Wa’alaikum salam Wr.wb

      Alhamdulillah…….

      Selamat datang ya di Pondok PJ dan salam kenal kembali buat anda, semoga anda betah di sini dan mendapatkan manfa’at dari apa yang di sajikan di Pondok ini.

      Terimakasih, atas partisipasinya dengan dukungan atas kehadiran Blog Pengembara Jiwa ini.

      Wassalam

      Pengembarajiwa

  18. leemoen said

    Assalamu alaikum, wr.wb

    lam kenal…

    makasih dah mau berkunjung ke blog ku yang berantakan itu,, 🙂
    sering2 yak mampir nya 8)

    oh di sini bisa tanya2 tentang agama yak.. wah asyik tuh…

    tukeran link??
    http://leemoen.wordpress.com/

    tentang efek salju di blog sya..
    gampang kok..
    masuk dashboard.. trus appearance trus extra trus ada deh menunya…
    senang bisa bantu…

    • @leemoen

      Wa’alaikum salam Wr,Wb

      Salam kenal kembali ya….
      dan terimakasih kembali sudah sudi untuk mampir di Pondok Pengembara Jiwa ini.

      Insya Allah, saya akan senang berkunjung ke tempat anda.

      DAn saya sangat senang sekali jika Anda pun mau bertukaran link dengan saya : http://www.pengembarajiwa.wordpress.com

      Terimakasih sekali lagi ya untuk informasi saljunya……….

      Wassalam

  19. Asep Hermawan said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ma’af boleh tau alamat e-mail atau YM nya ?
    Syukron.

    wassalam

  20. Asep Hemawan

    Wa’alaikum salam Wr,Wb.

    Selamat datang di Pondok PJ semoga Anda di rahmati dan di berkati Allah dalam Kasih dan Sayang-Nya.

    Alamat Email saya : pengembarajiwa313@yahoo.co.id

    YM saya : pengembarajiwa313

    Wassalam

  21. EM.Yazid said

    assalamu’alaikum

    salam kenal buat ” pendekar pengembara313″ memang didunia yang luas ini adalah tempat dimana kita akan selalu belajar dan diuji, apa yang kta raih saat ini tak ada jaminan itu akan tetap bertahan, kono lagi sampai ajal menjemput, sampai besok saja tak ada yana bisa menjamin itu. semoga dengan menjalin silaturrahmi, kita bisa saling mengingatkan.aminnn

    • @EM.Yazid

      Wa’alaikum salam Wr,Wb

      Salam kenal kembali dari ku yang hanya seorang pengembarajiwa yang hina dan tiada daya dan upaya. Selamat datang di Pondok PJ ini, semoga Silaturrahmi ini tidak menyurutkan jiwa kita untuk saling berbagi dan saling mengisi Ilmu Pengetahuan untuk bekal perjalanan kita selanjutnya menuju “Kampung Akhirat”.

      Aamiin….. Ya… Allah

  22. lam kenal pengemabara jiwa..
    semoga sampai pada taraf jiwa yang muthmainah.
    new comer, also linked with me.. 🙂

    • @hembusankesturi

      Salam kenal kembali saudaraku……… semoga Hari2mu senantiasa dalam Rahmat KAsih Sayang Allah Swt. Aaaamiiiin

      DAn semoga kita semua termasuk kepada jiwa2 yang Mutma’innah.

  23. ompundaru said

    Assalamualaikum

    Salam kenal.. Numpang istrahat di blog ini, numpang silaturahmi, numpang ninggalin jejak.
    Blog bagus, semoga tetap eksis.

    Wassalam,
    OmpuNdaru

  24. abihasan said

    Salam hangat dan perkenalan kembali dari saya.
    Alhamdulillah, terima kasih telah bersedia tuk singgah.
    semoga Rahmat Allah ta’ala senantiasa melimpahi saudara 🙂

    Wassalam,
    abihasan

    • @Abihasan

      Salam Hangat Selalu juga untuk Anda Sahabatku Abihasan…, Allah Ta’ala di dalam Cinta Kasih-Nya menyertai langkah-langkahmu
      Semoga Tali Silaturrahmi kita Abadi sepanjang Masa dan tetap terjaga dengan Berkah dan Rahmat Allah Swt.

      Aaaaamiiiin….

      Wassalam
      Pengembarajiwa

  25. DediX said

    Alhamdullilahirobilallamin…
    Akhirnya saya menemukan blog yg saya cari’ selama ini.
    Salam kenal saudara PJ…klo boleh saya ingin sering’ mampir ke pondok saudara utk silaturahmi atau bertukar pikiran dengan saudara’ kita sekalian yg mengakses link ini jg.

    • @DediX

      Alhamdulillahirobbil ‘Aalamiin………..

      Salam kenal Kembai….., dan semoga Anda tidak bosan untuk berkunjung ke Pondok PJ ini. Dan Rahmat Allah senantiasa menyertaimu dan semoga kekal Silaturrahmi ini.

      Wassalam

  26. kangBoed said

    Siliwangi berkata
    “Alhamdulillah akhirnya ada juga orang yang bisa memaparkan alam ma’rifat dgn sebaik2xnya tidak ngejelimet dan yang jelas mudah d cerna oleh orang awam ”
    Lam Kenal mas Siliwangi sama sama jabar yah he he
    Sebenarnya ini pertanyaan saya dari dulu, mengapa segala sesuatu yang mudah harus dibikin sulit, yang lurus mbok lurus aja ya ngga usah di belok belokin dulu khan kasihan yach, sehingga tertanam di masyarakat kita seolah tasawuf makrifat atau segala yang berhubungan dengannya sesuatu yang haram, sesat, terlalu tinggi atau apalah sampai yang parah jangan bisi gelo, he he he, kayak saya kali kebanyakan melamun sendiri mikirin kebotolan saya makin dicari eh ternyata bukannya makin pinter kuminter yang ada tambah botol tambah engga tahu apa apa mpe kata orang hati hati si eta mah rada gelo tong didengeukeun omonganana Doktrinnya sesat tos we cekap syareat.
    Disini bedanya ilmuwan dan praktisi dan lebih lebih kalau dia ilmuwan sekaligus praktisi, gak percaya mas kalo sebuah mobil mogok endut endutan coba panggil insinyur mesin, montir, sama insinyur yang sekaligus montir apalagi kalo dari kumpulan yang nyiptain mobilnya mana yang paling cepat betulin tuh mobil mas, he he he kalo insinyur mesin paling dia cepat buka buku tebalnya atau komputernya dia cari penyebab mobil mogok dari buku sambil ketika buka buku panduan dia bingung gak bisa bedain aki, busi, platina ma kondensor apalagi coil, lain dengan montir gak tahu teori dari pengalaman dia tahu penyebab mobil endut endutan gak jauh kalo gak busi platina kondensor lebih canggih lagi yang nyiptainnya atau yang sudah tersambung detektornya dah canggih sekali sambung langsung tahu mas langsung sekali pegang tepat sasaran gitu lho he he he
    Makanya uraian Saudara Sejatiku Mas PJ itu sangat mudah dan simple tapi sarat makna dan pemahaman akan terbagi pula dalam beberapa makna pemahaman, yach itulah sebagian Rahasia Allah yang sudah diberikan pada saudaraku Mas PJ ini tulisan yang singkat simple tapi isinya lahir dan batin jiwanya meresap dalam tulisan dan rasanya tersampaikan pada yang membaca inilah kalo mau jujur beliau sudah mencapai maqom para syekh dan wali hanya saudaraku ini berpegang pada ilmu padi, dan berjalan terus dalam kerendahannya, rendah bukan untuk direndahkan tetapi merendah untuk sebuah kebersamaan, tak mau menjadi guru untuk menggurui tetapi dalam kebersamaan Mas PJ sedang mengajak ke suatu tempat yang pernah di datanginya. ini adalah pendapat jujur dan keluar dari rasa hati yang terdalam akan sahabat jatiku Mas PJ dari sebuah botol yang kosong yang selalu mengharapkan kucuran sisa sisa ampas yang bisa diambil untuk modal perjalanan ku dalam rasa yang sejati.
    Salam Hormat Mas PJ

  27. ManusiaBodoh said

    @kangBoed
    Anda tidak pernah sendiri saudaraku…kita semua adalah saudara.
    Jujur,keadaan saya juga seperti anda,merasa sendiri dan dijauhi rekan’ karena dianggap aneh.
    Mungkin selama ini memang kita hanya mengharap Materi dalam doa kita,atau kita hanya bersyukur apabila mendapat anugrah berupa kenikmatan maupun Materi semata. Sungguh malu diri ini,Tetapi Cinta KasihNya kepada kita sungguh besar. Ketika kita ingat dan Cinta kepada Dia,pada Hakikatnya, Dia lah yg ingat dan Cinta kepada kita…bagaimana mungkin kita bisa ingat kepadaNya,sedang untuk bergerak saja kita tak mampu tanpa Qudrat dan Iradatnya. Sungguh tiada daya dan upaya.
    Tidak bergerak sesuatu sekecil Zarahpun tanpa izinNya. Dan atas Rahmat dan Kasih SayangNya pula kita semua dipertemukan di sini. Mungkin anda boleh bilang klo anda Botol,tapi saya jauh lebih botol jg saudaraku. Uraian Guru PJ sungguh mudah dipahami,bahkan oleh orang yg br pertama mendengar istilah Ma’rifat atau Tasawuf sekalipun.

    Mohon koreksinya Guru PJ(klo berkenan saya mau memanggil saudara PJ guru)

    Wassalam

    • @ManusiaB…..

      Jangan terlalu berlebihan terhadap saya. Saya ini hanyalah seorang pengembara jiwa, yang namanya pengembara itu berarti kan belum tentu sampai pada tujuan dan bisa jadi terperangkap atau tersesat di dalam Hutan Rimba yang luar biasa lebatnya. Jadi rasanya tak pantas bagi saya menerima panggilan terhormat anda kepada saya dengan panggilan GURU. Malah sebaliknya bisa jadi saya ini adalah seorang Murid dari Anda2 semuanya.

      Tetapi terserah Anda lah… mau panggil saya dengan sebutan apa dan siapa. Bagi saya tidak menjadi masalah dan bukanlah suatu persoalan. Mau panggil : PJ/Mas/Bang/Adik/Kakak/Saudaraku/Sahabatku/Murid/Guru atau Syech tidak ada bedanya bagi saya. Jadi terserah Anda saja ya….. apa yang anda senang untuk memanggil saya silahkan panggil saya menurut selera anda.

      Dan satu hal lagi, Uraian Anda diatas sudah sangat baik sekali dan sangat jelas sekali. Saya suka itu. Terimakasih
      Hari2mu di dalam Rahmat Kasih Sayang Allah Swt

      Wassalam

  28. kangBoed said

    Salam Sejati Mas PJ sahabat jatiku
    Semoga engkau bisa menjadi Samsyudin Tabrizi dihatiku, menjadi sumber inspirasi dalam perjalanan pengembaraanku, mas pernyataan saya yang di atas dijawab mas he he he habis cahaya sampean berkilauan. Sebab tanpa inspirasi tanpa kawan seperjalanan perjalanan ke dalam ini seakan perjalanan sebuah yoyo yang naik turun begitu saja apalagi biasanya teman teman seperjalanan kita masih menempuh jalan keluar, mo itu dukun para normal atau kiai he he he he
    Mas jujur th 2004 saya banyak mendapatkan pengalaman aneh yang gak bisa diceritain di sini takut disebut gila mas, tapi intinya apa yang mas paparkan disini kok sama persis dengan yang saya dapatkan waktu itu mas, katanya inilah ilmu …. atau …. atau bilang saja ilmu salamet kita mempermudah bukan mempersulit masuk dalam satu tujuan niat yang murni hanya untuk mendekat dan mendekat padanya, ketika puasa 40 hari tujuannya pun hanya ingin berada didekapanNya, bersihkan aku ya Allah sucikan murnikan agar ku layak, bukalah hijab penutup ku ini sedikit demi sedikit, biarlah setiap hari aku melangkah semakin dekat dengan engkau ya Allah, hanya itu yang kumau dan kupinta dariMU ya Allah duduk diam dalam pangkuanMu dalam dekapanMu dalam pelukanMU dalam penyaksian menjadi kekasihMU….
    Kita berusaha menghadap dengan memposisikian hati kita dalam ketidak berdayaan dan cinta, kita posisikan diri sebenar benarnya kita akan menghadap pada siapa, menghadap pejabat engkau seperti apa, apalagi jaman dulu engkau mau menghadap raja seperti apa sikap lakunya, sedangkan sekarang engkau akan menghadap Raja segala Raja, Tuhan segala Tuhan, akui segala kelemahan dan keburukan dan segala kekotoran kita padaNYA (La hwalla walla quwata illabilla) dari situ saya coba inallillahi rojiun dengan segala kepasrahan kita kembalikan semuanya pada Allah, kita nyatakan ya Allah ini semua tubuh, jiwa dan roh tanpa terkecuali berikut segala kekotorannya saya kembalikan pada Mu ya Allah silahkan Engkau yang bekerja karena aku tak mampu tanpa Engkau. Masuk dalam iyya kana buudu wa iyya kannnastain, Ya Allah selanjutnya hamba mohon pertolonganMU pertolongan yang hamba minta ubahkan semua yang telah hamba kembalikan kepadaMU itu menjadi sesuai dengan kehendakMU pertolongan yang hamba minta hanya ajarkan ilmuMU ya Allah yaitu ilmu tentang Hidup dan kehidupan ya Allah, yang terangkum dalam sifat 20 mu ya Allah, yah hanya itu permohonan hambamu ini slanjutnya tuntunlah hambamu ini ya Allah dalam menjalani jalan sehelai rambut di belah tujuh jalan yang sempit sebab ku tak mampu tak berdaya dan selalu lengah tanpaMU….
    Betul mas jujur yang lainnya saya lihat memakai cara seperti membuka paksa kunci dengan alat lain, ya jebollah dan berbekas itu saya kurang suka karena dipikiran ini mengapa engkau mo buka kunci kalo kuncinya gak ada serahi dong pasrahin ama yang bikin kuncinya atau yang punya kuncinya. Sehingga jujur mas perjalanan pengembaraanku ini mandeg ditempat karena ketika mencari jawaban keluar dalam diri selalu menarik saya keluar beberapa langkah yah kembali karena kebotolanku dalam memahami semua ini ya Mas PJ.
    Sebetulnya saya mengatakan bahwa perjalanan ini perjalanan cinta dan kepasrahan berisikan zikir penyerahan diri dan kepasrahan yang dilaluinya jalan yang ajaib walaupun jujur cobaannya sangatlah dahsyat bahkan tak pernah putus kekuatannya hanya kepasrahan sejati lahwalla walla quwata illa billa yang ditemui ternyata hanya Anugerah dan AnugerahNYA, sungguh mas jalan ini membuatku sapertinya hilang kekuatan oleh keadaan tetapi dalam kepasrahan dan kesiapan anugerah itu entah darimana datangnya sepertinya mengambil jalan ini membuat perjalanan hidup kita selalu di garis batas salah sedikit engkau hancur berantakan inilah mungkin seperti hidup digaris pertolongan Allah, yang selalu muncul disaat saat terkahir dan datangnya entah dari mana.
    Dalam kesendirian memang kadang timbul kelelahan tetapi semangat itu timbul entah dari mana setelah terobati dalam perjalanan malam, hehehehe jadi curhat terus ya Mas PJ jadi gak salah dong kalo saya bilang botolnya masih kosong masih cari sisa sisa ampas masih mungutin ya Mas PJ bekal pengembaraan. Oh ya katanya loh kata yang memberi tahu dalam lamunan kamu harus siap di bilang apapun, ditempatkan dimanapu dan dijadikan apapun kuncinya hubungan kontak yang tak pernah putus dalam zikrullah sirrullah gitu mas katanya.
    Mas PJ beri masukan, petunjuk atau apalah yah karena saya tahu engkau dah berjalan dan mengembara lebih jauh.
    Matur Nuwun Saget Mas PJ salam buat Mbak YU neeee..

    • @KangBoed

      Salam Berkah Rahmat Allah Swt senantiasa tercurah kepadamu Saudaraku KangBoed.

      Siliwangi berkata
      “Alhamdulillah akhirnya ada juga orang yang bisa memaparkan alam ma’rifat dgn sebaik2xnya tidak ngejelimet dan yang jelas mudah d cerna oleh orang awam ”

      Sebenarnya ini pertanyaan saya dari dulu, mengapa segala sesuatu yang mudah harus dibikin sulit, yang lurus mbok lurus aja ya ngga usah di belok belokin dulu khan kasihan yach, sehingga tertanam di masyarakat kita seolah tasawuf makrifat atau segala yang berhubungan dengannya sesuatu yang haram, sesat, terlalu tinggi atau apalah sampai yang parah jangan bisi gelo, he he he, kayak saya kali kebanyakan melamun sendiri mikirin kebotolan saya makin dicari eh ternyata bukannya makin pinter kuminter yang ada tambah botol tambah engga tahu apa apa mpe kata orang hati hati si eta mah rada gelo tong didengeukeun omonganana Doktrinnya sesat tos we cekap syareat.


      Seluruh para Nabi dan Rosul mulai Nabi Adam as sampai kepada Nabi Isa as pada intinya mengajarkan ajran yang SATU yaitu Ajaran yang disebut dengan Ajaran Tauhid dan ber Tuhan kan yang Satu (ESA). Mengembalikan dari pada pemahaman2 umat pada waktu itu yang sudah keluar dari jalur yang SATU untuk kembali kepada yang MAHA segala MAHA, yaitu Tuhan Seru sekalian Alam Tunggal, berdiri sendiri, tiada beranak dan tiada di peranakkan. Esa dengan sendirinya serta Tiada satupun yang dapat menyerupai/menyamai-Nya. Walau Sang Penyampai berganti2 ujud yaitu : Adam, Nuh, Ibrahim dst sampai kepada Isa tetapi Mereka semuanya mengarahkan kepada SATU Tuhan yang tiada berubah dari setiap Zaman. Yang Awal dan Yang Akhir tiada berubah. (AKU yang dulu dengan AKU yang sekarang tiada bedanya. “Kata Tuhan, dalam perkataan-Nya yang tiada huruf dan tiada suara”). Lalu di zaman Nabi Isa as, terjadilah Pro dan Kontra antara Bani Israil (Yahudi) dengan Nabi Isa dan pengikut2nya. Padahal Nabi Isa as pun keturunan Bani Israil (Yahudi) lalu kemudian pihak Yahudi memita kepada Raja Romawi untuk membunuh Isa as dikarenakan pengaruh Nabi Isa as dan pengikut2nya lebih besar dari pada Pendeta2 Yahudi. Singkat cerita terjadilah…. perpecahan di antara mereka yang tadinya satu Keturunan yaitu Bani Israil menjadi pecah dalam dua golongan Yang satu disebut dengan Yahudi dan yang satu lagi disebut dengan Nasrani. Dan jadilah kedua Golongan tsb golongan2 yang di nyatakan dalam Surah Al-FAtihah yaitu : “Ghoril Maghduubi Alaihim” (Yahudi) dan “Wa Ladhooollliiin” (Nasrani). Walaupun kedua2nya niatnya tidak salah karena juga ingin menuju kepada “KEBENARAN SEJATI”, tetapi di karenakan jalan yang mereka tempuh sudah keluar dari pada “Shirootol Mustaqiim” yang disebabkan mereka berjalan berdasarkan Hawa Nafsu/Kedirian/ke EGO an merekalah…., yang menyebabkan mereka telah menyimpang dari rel “Shirootol Mustaqiim” itu sehingga akhirnya menyebabkan mereka menjadi salah. Begitupun Halnya siapapun orangnya, tidak memandang Agama, Suku, Ras, Bangsa, Negara dimanapun mereka itu apabila ia termasuk Manusia, jika manusia itu masih terdindingi oleh Hawa Nafsu/Kedirian/ke EGO an maka merekapun telah keluar jalur dari pada rel “Shirootol Mustaqiim.(Wallahu A’lam bishowab…)

      Nah…. dari situlah bermula perpecahan Umat Manusia, sampai datangnya Nabi Muhammad Rosulullah Saw untuk menjadi Rahmat bagi Sekalian Alam yang membawa suara Tuhan “AL-QUR’AN” untuk seluruh Umat Manusia memurnikan kembali apa2 yang manusia percayai dari segi Aqidah kepada KETAUHIDAN yang MURNI yaitu KETAUHIDAN UNIVERSAL yang berjalan pada Jalan yang Lurus (Shirootol Mustaqiim), sebagaimana ajaran yang di bawa oleh Nabi Ibrahim as. Tanpa memandang Ras, Suku, Warna, Golongan, Aliran dll. Intinya menyampaikan bahwa Tuhan Seru sekalian Alam (KEBENARAN HAKIKI) itu meliputi tiap2 sesuatu dan tidak terbatas oleh Ruang dan Waktu.

      Memurnikan kembali dan menyempurnakan Ajaran2 terdahulu dengan kembali kepada Fitrah Manusia yaitu “Laa Haw Laa wa Laa Quwwata…..” serta mengembalikan kesadaran Manusia bahwa siapapun dia dan dari manapun daerah/golongan/aliran/suku ia berasal maka semuanya itu tidak terlepas dari pada yang “SATU” (AHAD) meliputi setiap yang Maujud. Jauh tiada berjarak, dekat tiada bersentuhan, lebih dekat dari pada urat leher dan senantiasa selalu serta dimanapun kita berada. SYUHUDUL WAHDAH FIL KATSROH, SYUHUDUL KATSROH FIL WAHDAH (Memandang/Menyaksikan yang SATU ada pada yang BANYAK, dan memandang/Menyaksikan yang BANYAK ada pada yang SATU). Tentunya pengertian dan pemahaman itu terlebih dahulu harus lah mengetahui dan menyadari akan RUH. Seperti yang sudah saya posting dalam judul “KESADARAN AKAN RUH, AWAL MENGENAL ALLAH”. Jika Kesadaran akan Ruh itu sudah tertanam pada diri, maka dengan sendirinya di kenalilah Tuhan yang SATU itu. Itulah yang dikatakan awal perjalanan dalam Ma’rifat. Sangat Mudah….sekali kan Islam itu??? Sangat Simple….kan Islam itu???. Karenanya di Zaman Rosulullah, berbondong2 orang untuk memeluk Islam untuk mengikuti ajaran yang di bawa oleh BELIAU bahkan tidak ada yang tidak membenarkan ajaran Beliau baik mereka2 yang telah mmengikuti maupun musuh sekalipun membenarkan. Suatu Riwayat menceritakan : Ketika Rosulullah sedang berkumpul dengan para Sahabat di suatu Rumah Sahabat, dari Luar Rumah di balik dinding… Abu Jahal sedang Asyik mendengarkan apa2 yang disampaikan Rosulullah kepada para Sahabatnya sambil sembunyi2 (khawatir di lihat oleh Kaum Kafir Quraisy yang lain). Tiba2. tanpa sepengetahuan Abu Jahal…., lewatlah Abu Sufyan dan memergoki Abu Jahal yang sedang mendengarkan pembicaraan Rosulullah. Kaget luar biasa Abu Jahal telah diketahui oleh Abu Sufyan, dengan sedikit gugup dan menyembunyikan kebenaran, Abu Jahal menghadapi Abu Sufyan. Lalu Abu Sufyan mengatakan : ” Sudahlah….. tidak usah kamu tutup2i, Aku sudah tahu bahwa kamu sedang asyik mendengarkan pembicaraan Muhammad kan? Jujur! Saya pun sesungguhnya membenarkan Ajaran Muhammad tetapi di karenakan Muhammad mengatakan kita semua adalah sama di mata Tuhannya, maka kedudukan Budak dan Majikan nya pun sama. Lalu dimana Martabat kita sebagai orang Terhormat???. DAn apa yang disampaikan oleh Abu Sufyan pun dibenarkan oleh Abu Jahal.

      Sungguh2, Luar Biasa Ajaran Yang “SATU” itu, dapat membuka mata hati, perasaan dan kesadaran serta akal fikir bagi siapa saja yang mendengarkannya. Tetapi jika kedirian/ke EGO an/Hawa Nafsu seseorang lebih besar/dominan dari pada Kesadaran akan Fitrah dirinya. Maka itulah yang akan menutupi kebenaran itu Walaupun sesungguhnya Hati Nurani ia membenarkannya.

      Disini bedanya ilmuwan dan praktisi dan lebih lebih kalau dia ilmuwan sekaligus praktisi, gak percaya mas kalo sebuah mobil mogok endut endutan coba panggil insinyur mesin, montir, sama insinyur yang sekaligus montir apalagi kalo dari kumpulan yang nyiptain mobilnya mana yang paling cepat betulin tuh mobil mas, he he he kalo insinyur mesin paling dia cepat buka buku tebalnya atau komputernya dia cari penyebab mobil mogok dari buku sambil ketika buka buku panduan dia bingung gak bisa bedain aki, busi, platina ma kondensor apalagi coil, lain dengan montir gak tahu teori dari pengalaman dia tahu penyebab mobil endut endutan gak jauh kalo gak busi platina kondensor lebih canggih lagi yang nyiptainnya atau yang sudah tersambung detektornya dah canggih sekali sambung langsung tahu mas langsung sekali pegang tepat sasaran


      Ya…Ya…Ya… Bagaimana mungkin seorang “Ilmuwan” bisa memperbaiki Umat, sedangkan ia hanya mengetahui teorinya saja dan berpegang kepada TOOL KIT/Buku Panduan yang ada diluar dirinya sedangkan ia sendiri tidak mengetahui secara pasti apa sih yang mendasari sehingga terjadi perpecahan Umat. Bahkan di antara “Ilmuwan” itu sendiri pun tidak sedikit di antara mereka yang berselisihan dan berpecah satu dengan yang lain yang menyebabkan timbulnya beberapa golongan dan aliran. Bahkan menyatakan Golongannya lah yang paling benar.

      Beda halnya dengan “Ilmuwan” sekaligus “Praktisi”. Ia mengetahui seluk beluk sampai akar2nya perpecahan Umat itu. Dan Ia pun turun dalam memperbaiki Umat itu bahkan tidak memerlukan TOOL KIT/Buku Panduan, Karena TOOL KIT/Buku Panduan tsb sudah menyatu dengan diri mereka sendiri. Sehingga ia berlaku, bergerak dan diam sudah dengan sendirinya terpandu oleh KESADARAN di dirinya yang sesuai dengan Buku Panduan yang berada dalam dirinya, Arif dan Bijaksana serta Kasih dan Sayang kepada siapa saja, apakah ia Kawan maupun lawan. Tetapi sangat disayangkan…..banyak orang yang tidak mengetahui akan keberadaan “Ilmuwan” sekaligus “Praktisi” tsb dikarenakan telah di tutupi oleh kedirian/ke EGO an/Hawa Nafsu di dirinya. Hanya sesama merekalah yang sama2 mengetahui, karena mereka itu satu perjalanan untuk menuju perbaikan dan kesejahteraan serta menjadi rahmat bagi siapa saja dan meliputi sekalian Alam.

      Begitulah…. KangBoed yang bisa saya jelaskan, dan apa yang telah saya sampaikan ini masih jauh sekali dari pada kebenaran di karenakan terbatasnya pengetahuan, maklumlah…. saya pun masih di dalam belajar. Kiranya mohon di maklumi.

      Salam Sejati dalam ke Abadian
      Pengembara Jiwa yang masih dalam pengembaraan
      dan masih dalam Belajar

  29. kurniawan said

    assalammualaikum wr.wb.

    Mas PJ saya mau kenal apa benar berinisial AY dan di Bpp ?
    ulasannya saya kenal dengan baik………..

    wassallam.

    • @Kurniawan

      Wa’alaikum salam Wr,Wb

      Jika Anda adalah Kurniawan yang tinggal di Bontang, berarti Anda tidak salah mengenai siapa Saya.

      Wassalam.

  30. kurniawan said

    Assalammualaikum wr.wb.

    Mas PJ yang baik ,
    Benar saya di Bontang,Semoga selalu dalam keadaan baik dan dalam ridho Allah Swt.

    Melanjutkan apa yang terjadi pada diri ,saat ini saya tidak mampu lagi berzikir lebih dari 7 kali sebut karena langsung tidak sadar diri atau berada entah dimana tanpa terkontrol ( tidak mengenal diri ),terjadi juga jika membaca surat Alfatihah.

    namun belakangan diri ini ingin berzikir pada suatu tempat yang tanpa diliputi cahaya……

    Mohon saran dan masukannya,semoga pengalaman spiritual ini bermamfaat juga bagi rekan lain di situs ini.

    Wassalam………

    • @Kurniawan

      Wa’alaikum salam Wr,Wb

      Allah senantiasa memberkati Anda sekeluarga…………….

      Walau apapun yang terjadi dan apapun keadaan sebab musababnya, tetaplah Istiqomah dalam berzikir dan jangan karena ada sesuatu hal menyebabkan Anda berhenti untuk berzikir. Dan yaqinlah bahwa sekali-kali Allah tidak akan pernah untuk mengecewakan Hamba-Nya dan berserah diri lah dalam situasi apapun dan dalam kondisi apapun dan dalam sebab musabab apapun yang terjadi pada dirimu. Sungguh…! Fitrah manusia itu mulai belum ada di Dunia ini sudah dalam keadaan “Laa Haw Laa Wa Laa Quwwata…..” dan saat terlahir pun dalam ke adaan “Laa Haw Laa Wa Laa Quwwata…..” Menginjak usia kanak2, Remaja, Dewasa, Tua dan Akhirnya MATI itu semua setiap waktunya dari buka mata sampai tutup mata kembali setiap detik setiap masa Manusia itu fitrahnya adalah “Laa Haw Laa Wa Laa Quwwata…..”. Sehingga yang perlu di perhatikan dan di sadari adalah bahwa di balik ketidak berdayaan itu Allah lah yang berkehendak atas tiap2 segala sesuatu meliputi GERAK dan DIAM. Jika Anda sudah menyadari hal demikian maka tidak ada yang perlu di takutkan dan di khawatirkan, dan jangan lah Bersedih. Jalanilah Hidup ini sebagaimana adanya. Jika kehendak berzikir maka berzikirlah dengan tulus dan tidak usah memikirkan apa2 yang terjadi setelah itu. Karena Urusan itu sudah ada ketetapan nya. Yaqini….. bahwa “APA yang TERJADI maka TERJADILAH”. Siapa yang telah memahami apa yang telah saya uraikan ini dan menyadari pada dirinya maka tunggulah saatnya …..tiba! Maka Sang Maha Perkasa Allah Swt Tuhan Seru Sekalian Alam, Zat Wajbal Wujud akan memperkenankan kepadanya berupa Kemulian2 yang di Anugrahkan langsung dari pada-Nya. Tidak percaya…!!!! Silahkan Buktikan sendiri, tetapi perhatikan lah dan pahamilah serta sadarailah apa2 yang telah di uraikan di atas tadi dengan sebenar2nya dan mempraktekkannya/mengamaliahkannya. Ingatlah…!!!! Bahwa Hanya Allah lah sebaik2 tempat berserah diri.

      Mengenai……. berzikir di suatu tempat yang tanpa diliputi cahaya atau berzikir di tempat yang gelap.. (maksudnya), itu hal yang lumrah dan biasa serta lebih baik. Kenapa…..??? Karena di dalam kegelapan itu mengandung suatu rahasia dari pada “Kekosongan” dan “keheningan”. Sedangkan tidak ada yang ada di balik “Kekosongan” itu hanya lah “ZAT MULIA MAHA MUTLAK” Yang berdiri dengan sendirinya meliputi tiap2 kekosongan itu dengan Nur-Nya yang tidak sama dengan cahaya yang di ketahui oleh Manusia. Bukankah….. Nabi Saw pun berkhalwat di Goa Hiro tanpa penerangan???, Bukankah para Wali2 yang mengasingkan diri/uzlah menjauhkan diri dari Manusia untuk berkhalwat/menyendiri dalam rangka menghanyutkan diri di Lautan Zikir, tanpa membawa penerangan sedikitpun…???. Dan WalHasil setelah itu Allah menganugrahkan kepadanya berupa Kemulian2 yang bermanfaat untuk seluruh Umat Manusia.

      Semoga Anda tetap Istiqomah dan di berikan kekuatan dalam menjalani zikir, dan di berikan kemudahan2 dalam beramaliyah……..

      Wassalam

      @KangBoed

      Subhanallah……. sungguh Sya’ir yang sangat Indah dan bermakna dalam sekali….
      Allah akan mencurahkan rahmat-Nya kepada siapa2 yang memahami dan merenungkan tentang Sya’ir tsb.
      Karena di Balik Sya’ir itu menyimpan Mutiara yang sangat Indah dan tak ternilai harganya……

      Salam Berkah Rahmat Allah dalam Cinta Kasih Sayang-Nya atas dirimu saudaraku dan keluarga.

      Saudaramu yang sedang dalam pencarian
      “Pengembara Jiwa”

  31. kangBoed said

    Teruntuk Saudaraku Mas PJ, KM Sabda langit dan yang lainnya

    Apalah arti sebuah pertemuan ?
    Jika pertemuan itu awal dari perpisahan
    Jika persahabatan itu hanya berdasarkan kepentingan
    Jika pertemanan itu hanya berdasarkan keuntungan
    Jika persaudaraan itu hanya berdasarkan kebutuhan

    Inilah realita masa kini
    Inilah keadaan dan kondisi sekarang ini
    Inilah yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan
    Inilah bentuk duniawi yang begitu mencengkram
    Sungguh palsu semuanya itu !!!!!!

    Suatu saat ku berpikir akan masa kecilku
    Akan seorang sahabatku yang sudah lama berpisah
    sungguh persahabatan yang indah dan murni
    Setiap hari hanya bermain dan bersuka ria
    Diisinya hanya dengan tawa canda riang gembira

    Saat ini disaat ku beranjak dewasa
    Kemanakah nilai dan arti persahabatan
    Kalau selalu dilandasi ego kepentingan
    Kalau hanya demi keuntungan masing masing
    Apakah yang telah hilang ?

    Ya……
    Rasa itu telah hilang ketika kuberanjak dewasa
    Kepolosanku, kerianganku, kejujuranku
    Ketulusanku, kegembiranku, keceriaanku
    Oh sejalan pertumbuhanku ternyata banyak yang terkikis

    Akhirnya kusadari apalah arti sebuah pertemuan ?
    Jika rasa hati tak berbicara
    Jika rasa hati tak merasakan
    Jika rasa hati tak tergetar
    Jika rasa hati terdiam tak berbekas

    Rasa ini membuat ku mengingat
    Rasa ini membuat ku seakan tak berjarak
    Rasa ini membangkitkan semangat baru
    Rasa ini menimbulkan kerinduan yang sangat dalam
    Kerinduan akan sebuah persahabatan sejati

    Kusadari rasa inilah yang akhirnya mempertemukan kita disini
    rasa yang jujur, tulus akan arti nilai sebuah persahabatan
    Persahabatan yang telah meninggalkan dualitas
    Pertemanan sebagai teman seperjalanan menuju kesejatian
    Persaudaraan yang tak lekang oleh waktu

    Saling mengisi
    Saling mendorong
    Saling mencerahkan
    Saling merasakan
    Saling menjaga

    Sungguh tak kumengerti disini di tempat ini
    Kutemukan saudara sejatiku
    Saudara dalam kesejatian
    Teman berbagi suka dan duka
    Dalam perjalanan pulang KepadaNYA

    Mudah mudahan pertemuan ini mendatangkan kebaikan dan hikmah
    Membuka jalan yang sepertinya tak berujung
    Meluruskan kembali benang yang terlanjur kusut
    Mari bangkitlah saudaraku kita melangkah bersama
    satu langkah, satu tujuan demi kesejatian kita bersama

    Matur Nuwun Mas PJ Saudara Sejatiku rahayuuuu

  32. ar-rumi said

    salam sejahtera sang kelana jiwa……

    saya ingin shring2 msalah ilmu ketauhidan…..

    abdi msi blajar,,, mohon bimbingannya…..

    salam rasa…..

    • @Ar-Rumi

      Salam Sejahtera juga untuk Saudara Ar-Rumi…..
      Silahkan jika ingin Sharing melalui Email di pengembarajiwa313@yahoo.co.id
      Atau melalui YM di (pengembarajiwa313)

      Saya pun masih dalam proses belajar dan masih di dalam pengembaraan

      Salam rasa dan salam Taklim
      Pengembara Jiwa

  33. kurniawan said

    Assallamualaikum wr.wb.
    Mas PJ yang ganteng.

    Saya kedatangan sahabat yang bernama Achmad,dia ingin bertanya tentang apa yang dia alami ( Peristiwa spiritual ) dan telah saya arahkan ke alamat Mas PJ,mohon diterima kedatangannya.

    wassalam,dan terima kasih.

  34. wa ‘inda huu mafaatihul ghaiib, laa ya’lamuhaa illaa huu
    allaahu laa ilaaha illaa huwa rabbul ‘arsyl ‘azhiim
    wa man ashdaqu minallaahi qiilaa

  35. Lambang said

    Mas PJ,
    Maaf mampir lagi dan ngrepotin terus. Saya mohon pendapat Mas PJ tentang kewajiban manusia untuk mencari guru mursyid. Kata orang ini fardhu ‘ain. Apakah guru ini wujud secara fisik atau guru mursyid batiniyyah ?
    Terima kasih sebelumnya atas penjelasan Mas PJ.

    Salam.

  36. TJ said

    Bukankah lebih baik jika kita membiasakan untuk meggunakan istilah2 yang lebih islami, kenapa tdak menggunakan hari ahad daripada memakai istilah minggu untuk menamakan hari ke 7.

    • @TJ

      Benar sekali… bahwa Islam itu Indah dan ke Indahan Islam itu haruslah kita pelihara dan rawat agar tetap dalam ke Indahannya….
      Dan adapun di Pondok PJ ini semua istilah2 sudah tersampaikan baik menurut Istilah2 yang Islami maupun yang di mengerti oleh mereka2 yang di luar Islam, agar menjadikan Pondok PJ ini benar2 Rahmatan lil Aalamiin…. tidak semata2 khusus untuk orang Islam saja melainkan siapapun mereka walaupun di luar Islam pun dipersilahkan untuk membaca dan menyimak Tulisan2 yang ada di Pondok PJ ini dan semoga terdapat Rahmat serta Berkah di dalamnya.

      Perlu saya sampaikan kepada Anda bahwa hari minggu itu dalam Islam di sebut dengan Hari AHAD, tetapi yang perlu di ketahui adalah… bahwa hari AHAD/Minggu itu bukanlah hari ke 7 melainkan hari ke 1 (pertama). Dan di Mulainya hitungan hari itu dengan hari AHAD/Minggu. AHAD = WAHID yang artinya “SATU”.

      Terima kasih…

      Wassalam

      Pengembara Jiwa

  37. hazman said

    assalammu’alaiku, ww

    sering kita dengar atau liat, org berkata cari lah guru untuk belajar tp bukan kah untuk menemui guru yang di maksud sangat lah sulit san susah, jd solusinya gimana ni ?

    boleh kah saya berguru dengan anda2 atau mas2 di sini, kalau ada yang mau jadi guru saya, saya sangat lah berterima kasih, smg Allah yang membalas nya. ini Emil saya malay_haz@yahoo.com.

    pls ya, jd lah guru saya

  38. Gama said

    EnCik HAZMAN nan jauh di seberang .
    Mungkin lebih tepatnya, kita dapat bertukar pikiran di beranda nya Mas PJ ini. Sepertinya Mas PJ………nggak mengeluarkan Sertifikat/Ijazah atau tanda kelulusan sebagaimana Guru (di sekolah/peguruan) …terhadap muridnya.
    Wassalam,

  39. mknr said

    Salam….

    Hai manusia anak bangsa, makhluk Tuhan sempurna……….
    Luangkanlah sedikit waktumu dari kesenangan dunia yang sudah dinikmati……
    Renungkanlah makna hidupmu kini…………..
    Apakah usiamu hanya untuk kesenangan dunia saja ?…….
    Dimana dunia ini tidak kekal …………………….….
    Tidak lama lagi akan binasa …………………………
    Kiamat sudah dekat,…………………….. sudahkah kau benahi dirimu ?

    Untuk hidup di keabadian sejati
    Segeralah kembali pada Tuhan Allah mu
    Yang sudah memberi banyak kenikmatan baik lahir maupun bathin
    Sejak usia mu nol bulan sampai kini
    Ingatlah kau bisa seperti ini karena kasih sayang Tuhan
    Bukan karena makhluk ciptaannya
    Tuhan sudah begitu banyak memberi apa saja pada mu
    Tetapi coba lihat kedalam hatimu, cari disana dan tanyakan apa yang sudah kau beri untuk Tuhan sang pencipta
    Apakah dihatimu ada banyak isinya, yaitu selain Tuhan diantaranya Kekasih, Pangkat, Jabatan, Kedudukan, Iri, Dengki, Egois, Amarah, Nafsu, Dendam, Rasa Takut, Cemas, Harta benda.
    Sayang sekali, jika roh manusia diisi oleh hal hal tersebut, maka hidupnya akan sia sia dan merugi dihadapan Tuhan
    Manusia ini hanya akan mendapatkan dunia yang akan membuatnya binasa di akhirat nanti
    Alangkah ruginya ia ketika di akhirat nanti Tuhan mengatakan : AKU TIDAK MENGENAL MU !!!
    Sebelum penyesalanmu terlambat, mari hai manusia kita kembali mengenal Tuhan yang Maha Kasih dan sayang yang telah memberi peringatan padamu untuk segera ber tobat yang sungguh sungguh, mari kenali dirimu maka kau akan mengenal Tuhan , ALLAH mu
    Kenali dirimu yang terdiri dari jiwa raga dan roh didalam ragamu terdapat banyak unsur senyawa senyawa zat Tuhan yang membuat dirimu hidup
    Tuhan memberi naluri kasih yang sama pada setiap manusia ketika ia baru lahir
    Seiring berjalannya waktu jiwa, raga manusia lebih dominan maka roh menjadi tak berarti
    Sesungguhnya roh sebelum dimasukkan dalam janin , ia diminta untuk kembali pada Tuhan karena jiwa, raga menduakan Tuhan
    Itu manusia
    Ketampanan, kecantikan, pangkat, jabatan, kekayaan, kepandaian, janganlah membuatmu angkuh, semua tak berarti jika hatimu tidak mengenal dirimu, apalagi mengenal Tuhanmu.
    Hai sahabat
    Segeralah kenali dirimu sebelum ajal menjemput

    Salam……..

    Mknr

    Salam ………

    UNTUKMU SAHABAT

    Kenikmatan telah tampak dihadapanmu, sahabat…

    Puji syukur telah kita panjatkan…

    Lantunan dzikir telah kita kumandangkan…

    Silaturahmi telah terjalin, persaudaraan semakin erat…

    Perisai diri telah ditanamkan…

    Beragam petualangan telah dialami…

    Firman-firman telah dituangkan…

    Rambu-rambu telah diberikan…

    Kebesaran Allah telah diperlihatkan…

    Ketetapan telah disyahkan…

    Sarana dan prasarana telah diperuntukkan…

    Sahabat…

    Pengorbananmu begitu besar…

    Kau tanggalkan kenikmatan dunia…

    Untuk meraih cinta Allah…

    Ternyata…

    Tak mudah untuk meraihnya… sahabat…

    Kalian dihujat, kalian dihina dan kalian dikucilkan…

    Dahi kalian mengerut, hati kalian berkata ragu…

    Tuhan… benarkah jalan yang kami tempuh…

    Seiring bergulirnya waktu, akhirnya sahabat menyadari…

    Inilah jalan lurus, yaitu jalan untuk menjadi kekasih Allah…

    Hujatan, hinaan, tidak menggoyahkan keyakinan para sahabat…

    Pancaran kebahagiaan telah terlihat dari wajah para sahabat…

    Berbekal keyakinan dan keikhlasan pada Allahurobi…

    Para sahabat siap menjalankan amanah yang Allah titipkan…

    Kata demi kata yang telah sahabat simak, adalah ungkapan…

    Rasa kasih sayang dan ucapan terima kasih kami padamu sahabat…

    SM

    • @Mknr

      Terimakasih Sahabat, atas kunjunganmu di Pondok ini…
      Menumbuhkan suasana baru dan warna baru….
      Dalam memaknai hidup ini.

      Salam Kenal selalu untukmu dariku si Pengembara Jiwa
      dirimu adalah Pilar diantara Pilar2 yang sudah ada
      Semoga dirimu dapat menjadi Soko Guru bersama saudara2 yang lain yang ada di pondok ini

      Salam Sejati
      Salam Taklim
      Salam persaudraan
      Salam Persahabatan

      PengembaraJiwa

  40. lor Muria said

    Mas PJ yang dirahmati ALLAH.

    Saya ada sedikit pertanyaan yang mengganjal.
    sudah saya kirim lewat email.

    mohon maaf dan mohon pencerahannya

    Salam Taklim
    Salam sejati
    Rahayu

    • @Lor Muria

      Salam Taklim saudaraku…Lor Muria yang Insya Allah senantiasa dalam bimbingan2 Allah Swt.

      Email Anda sudah saya balas, silahkan dibuka. Dan mohon Ma’af jika terlalu singat dan padat.
      Lebih Kurangnya juga saya minta ma’af.

      Wassalam
      Pengembara Jiwa

      • lor Muria said

        Subhannallah, walhamdulillah, walaailahailla-Allah,Allahu Akbar. Subhanallah Dzat Yang Maha Meliputi setiap sesuatu dalam setiap waktu.

        Salam sejahtera, semoga mas PJ sekeluarga tetap mendapat Rahmat dan hidayahNYa, serta NurMa’rifatullah selalu meliputi engkau wahai saudara sejatiku.

        Terima kasih atas balasan emailnya. semoga pencerahan ini dapat membuat diri ini semakin Yakin dan tetap melangkah menuju kepada KEBENARAN SEJATI.

        Salam Taklim
        Salam Persaudaraan

        lormuria yang masih berjalan dalam keDIAMan

  41. ass,
    bukankah jiwa telah dipersaksikan ketika masih di sulbi ayahnya?
    ruh dihembuskan setelah 120 hari?

    mohon dikoreksi:
    artinya janin yg berumur dibawah 120 hari sudah memiliki jiwa namun belum memiliki ruh..

    ruh adalah energi yang menghidupkan jiwa dan raga.
    sebelum 120 hari, janin menginduk pada ruh ibunya

    dari ruh .. kita memperoleh energi baik yang sesuai dengan asma ul husna

    terima kasih
    wass

    • robby said

      Salam kenal seharum bunga melati semoga anda selalu memberikan keharuman2 jiwa

      Mencerahkan sekali. sekali lag thanks berat..

      Lantas jiwa dan nyawa bagaimana>>>>?

      Wassalam sehaharum ibu pertiwi kesemestaan harum dan wangi nya melati, mawar, dst

      Yang lagi mencarri ga tau nyari apa…nyari duit di kali kail ikan lele dumbo

  42. @Penyebar Wangi

    Wa’alaikum salam Wr,Wb…

    Salam kenal untuk Penyebar Wangi, semoga kehadiran Anda menjadikan Pondok PJ ini menjadi Harum Semerbak mewangi. Insya Allah……

    Saudaraku….
    Sungguh Indah sekali dan sangat berkesan dari apa2 yang Anda uraikan di atas, semoga bermanfa’at untuk saya pribadi dan juga saudara2 yang lainnya.

    Untuk saudara2ku yang lain…jika ada yang mau menanggapi atau menambahkan dari apa yang sudah diuraikan…saudara Penyebar Wangi, saya persilahkan…… tidak usah sungkan2. Karena di sini, kita semua sama2 belajar dan menuntut Ilmu untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat. Semoga Ridho Allah menyertai langkah2 saudaraku semuanya… Aaamiiin.

    Selamat datang ku ucapkan kepadamu Saudara Penyebar Wangi

    Wassalam
    Pengembara Jiwa

  43. Penyebar Wangi said

    @Pengembara Jiwa
    @Robby

    Salam sejahtera atas anda dan keluarga semoga berkah-Nya atas kita semua. Amien.

    @Sdr Robby, saya mencoba menjawab pertanyaan anda

    @Sdr Pengembara Jiwa mohon dikoreksi,

    Nyawa itu seperti saklar yang dipasang pada tubuh kita yang memungkinkan ruh bisa hadir pada diri.

    Jiwa dan raga adalah bagian dari diri kita yang dipengaruhi oleh hasil kerja otak yang memperoleh energi dari ruh.

    Kita mengetahui bahwa ruh adalah ‘yang hidup’ pada diri kita ..
    Bagaimana bila ternyata ‘yang hidup’ itu juga adalah ‘yang pengasih’ juga ‘yang penyayang’ dst- ‘yang penyabar’?

    Itu adalah ‘rasuna kariem’ yang menyebarkan syiarNya
    Jiwa kita dituntut untuk menerima, melaksanakan dan mensyukuri …
    lihatlah,
    Yang terpuji (arti nama Muhammad) adalah segala keindahanNya yang kita persaksikan…

    Fikiran buruk menyebabkan tubuh dan jiwa buruk : menjadikan kehidupan kita buruk; fikiran baik menyebabkan tubuh dan jiwa baik : menjadikan kehidupan kita baik.

    Karena jiwa mengetahui melalui rasa
    maka kita senantiasa bersyahadat di- ‘dekat’-Nya
    kemanapun kita menghadap..

    Wallahualam
    Wass

  44. Widianto said

    Salam Kenal Pengembara Jiwa,

    Saya ingin sekali mengenal dan mencintai Allah, sehingga setiap hidupku ingin bersama Allah.

    Untuk saat ini saya sedang dalam proses kesana dan sudah memiliki seorang guru yang dalam meberikan pelajaran, isinya mirip sekali dengan tulisan anda (cuman waktu sangat sempit karena dilakukan 1 minggu sekali karena diselingi dengan pekerjaan saya), sedangkan hikmah saya butuhkan tiap hari, merasa kurang kalau satu minggu sekali.

    Saya ingin mengenal anda lebih dekat, baik melalui blogs ataupun chating.

    http://www.widianto.org

    YM: iniwidi

  45. @All……Wa bil Khusus @Penyebar Wangi

    Saudara2ku yang dirahmati Allah dan di berkati…..
    Di dalam pengetahuan akan Ruh dan Jiwa/Nafs memang banyak sekali Penafsirannya. Tetapi, walau banyaknya penafsiran yang berbeda hendaknya kita mengambil Hikmah di dalamnya. Karena di balik perbedaan itu adalah Rahmat. Semoga….kita selalu di dalam Husnuzon billah (berprasangka baik kepada Allah).

    Saudara2ku…
    Sedikit akan saya uraikan ttng penjelasan akan Ruh dan Jiwa/Nafs/Diri/Nyawa. Semoga ada secercah Hikmah di dalamnya bagi kita semua, hususnya diri saya pribadi yang juga masih dalam Pengembaraan.

    RUH
    Adalah Pusat yang di dalamnya manusia tertarik dan kembali kepada Sumbernya. Ruh berusaha menarik Hati (Qolb) kepada Allah, sementara Jiwa yang belum suci (Nafs) berupaya menjerembabkan hati. Ruh Manusia adalah juga Ruh Allah, karena Allah telah “meniupkan” Ruh-Nya kedalam diri Manusia. Dalam keadaan “tak tercipta” dan “tercipta” Ruh pun turun. Pada Malam Kekuasaan (Lailatul Qodr), “Para Malaikat dan Ruh pun turun dengan izin Allah” : QS, Al-Qodar.
    Ruh “tak terciptakan” ini adalah Hakikat Muhammadiyyah/Hakikat Muhammad Saw. Dan Ruh “tercipta” membentang dari “Arsy Allah” hingga Manusia Paripurna (Al-Insan Al-Kamil)

    Ruh tidak berada di dalam maupun di luar tubuh, tidak terikat dan tidak terlepas. Ia ada di dalam dan sekaligus di luar, terikat dan terlepas

    Sebutan2 bagi Ruh.
    Ruh Idhofi : adalah “Ruh yang dinisbatkan/ditetapkan”. Allah meniupkan Ruh-Nya kedalam diri Manusia. Karena memiliki status berupa Sifat Ilahi dan Manusiawi, maka Ruh itu disebut Ruh Idhofi, yang di “nisbatkan” kepada Allah

    Ruh Ilahi : Sifat Tuhan yang akan dinisbatkan menjadi Ruh Idhofi, di sebut juga dengan Nur Muhammad Saw.

    Ruhul Quddus : yaitu sebutan bagi “Ruh Muhammad Saw”. “Pancaran Pertama” dari Yang Maha Mutlak. Pancaran inilah “Ruh Muhammad Saw”, disini….Ruh adalah Murni secara Mutlak. Tataran ini adalah bebas dari Materialistis, inilah tataran Hakikat Muhammadiyyah. “Ana Abal Arwah wa Adama Abal Basyar” (Aku adalah bagaikan Bapak sekalian Ruh sedangkan Adam adalah bagaikan Bapak sekalian Tubuh).

    Ruhanii : Perjalanan Spiritual atau Diri yang bersifat Ruh. Bukan Ruh hanya bersifat Ruh.

    JIWA/NAFS/NYAWA/DIRI
    Adalah Dimensi Manusia yang berada diantara Ruh dan Jasad, tetapi bukan sesuatu yang lain dari Ruh dan Jasad melainkan Ruh yang Misra kepada Jasad dinamakan Jiwa. Jiwa adalah juga wilayah Imajinasi yang berada pada Alam AMTSAL Allah Ta’ala, Satu tingkat di bawah Alam RUH dan satu tingkat di atas ALAM INSAN. Ada tujuh tingkatan Jiwa, Tujuh Posisi dalam Sholat, Tujuh Ayat dalam Surah Al-Fatihah, dan tujuh tingkatan Ilmu yang menjadi pedoman Hidup dalam keseimbangan Dunia dan Akhirat, Zahir dan Bathin, Ruh dan Jasad.

    Di dalam Wilayah Imajinasi terdapat 7 tingkatan Jiwa yang satu tahapan dengan tahapan lainnya semakin menyempurnakan tahapan yang dibawahnya, agar Jiwa itu manjadi Suci dari segala kekotoran2 dan akhirnya kembali kepada fitrahnya yaitu “Ruhul Quddus” sebagai Ruh yang menerima Pancaran dari pada “Ruh Muhammad Saw/Ruh Pancaran pertama dari Yang Maha Mutlak yang disebut juga dengan Nur Muhammad Saw.

    ——————————————————-

    @Widianto

    YM anda sudah saya Add kan…???
    Dan kita bisa diskusi dan lebih saling mengenal melalui Chating.

    Wassalam

    • Widianto said

      Terimakasih mas PJ, semoga pertemuan ini diberkati Allah dan menjadi garis Allah untuk saya bisa lebih cepat u/ mencapai ma’rifatullah Amiiin..

  46. kurniawan said

    Ass.wr.wb,

    Semoga mas PJ sekeluarga selalu dalam karunia-Nya.

    Mudahan mas PJ tidak lupa dengan saya di Bontang,saya mohon pendapat dan saran atas apa yang saya alami saat ini.

    Zikir tidak lagi terpisahkan dengan napas namun akhir – akhir ini saya selalu teringat akan leluhur saya di tanah jawa,setiap saat pikiran saya selalu terarah ke sana dan akhirnya saya memutuskan untuk datang ketanah leluhur saya di tanah jawa pada awal bulan agustus nanti.

    Saya mendapat petunjuk agar segera melakukan kunjungan ke tanah jawa dan Secara gaib ada beberapa tujuan yang sudah diarahkan kepada saya,yaitu :

    1. menemui kakak tiri saya yang ternyata masih hidup dan tidak bertemu selama 30 tahun,beliau pernah mengasuh saya selama 4 tahun dari TK sampai kelas 4 SD.

    2. melakukan napak tilas di beberapa tempat yang diyakini berupa makam leluhur saya yang telah diketahui semasa hidupnya menjadi orang – orang besar dan menguasai pemahaman ilmu marifatullah yang tinggi.( secara gaib di tunjukkan 3 tempat )

    3. menemui semua keluarga dari keturunan bapak yang masih hidup yang rata-rata usia mereka saat ini di atas 75 tahun dan hanya tersisa 5 dari 17 bersaudara.( Saya belum pernah bertemu mereka )

    yang ingin saya tanyakan:

    Apa maksud petunjuk tersebut ?

    wassalam,

    kurniawan,bontang

    • @Kurniawan

      Wa’alaikum salam Wr,Wb….
      Apa kabar Kurniawan, semoga sehat selalu dalam Berkah Allah ya…???

      Dan untuk mengenai Leluhur ada baiknya Kurniawan bisa bertanya dengan Saudara Mas Sabda Langit. Saya Rasa Beliau lebih Pantas untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai leluhur. Dan ini link nya, http://www.sabdalangit.wordpress.com

      Semoga bermanfa’at…

      Wassalam

  47. Tabahsatoe said

    Subhanallah..kembali KAU pertemukan aku lagi dengan orang2 seperjalanan..
    Bang PJ, salam hormat,salam taklim,salam sayang, salam sejati..
    aku gak bisa bicara banyak dengan tulisan2 Abang..hanya bisa bilang Oh..Oh..dan Oh..Terimaksih banyak bang atas tulisan2 abang PJ..Mohon ijin kiranya saya dapat terus mengakses link Abang PJ..Skali lagi sy ucapkan terimaksih atas anugrah pertemuan ini..Wass..

    • Subhanallah Wal Hamdulillaah Wa Laa Ilaaha Illallaah Wallaahu Akbar.

      Salam kenal Saudara Tabahsatoe, selamat datang di Pondok PJ ini. Semoga Allah membimbing NurNya kedaam Qolbu saudaraku.

      Silahkan…terus mengakses link ini, dan semoga bermanfa’at ya….

      Wassalam

  48. bayazid said

    Ass Wr Wb,

    Maaf mas boleh saya minta alamat emailnya sdr Penyebar Wangi?
    Terima Kasih.

    Salam

  49. Agus said

    Alhamdulillah, tulisan mas PJ sangat gamblang dan jelas untuk orang awam sepertiku.
    Senang sekali rasanya bisa berkunjung di Pondok ini.
    Semoga Mas PJ senantiasa dirahmati ALLAH.

    Saya ada sedikit pertanyaan yang mengganjal.
    sudah saya kirim lewat email.

    mohon maaf dan mohon pencerahannya

  50. Widianto said

    Assalamualaikum..

    Saudaraku yg aku cintai, dalam menyambut bulan Ramadhan ini sudi kiranya bisa memaafkan semua kesalahan yg pernah saya lakukan baik itu yg sengaja atau yang tidak disengaja.

    Sekaligus mohon doanya supaya dalam bulan Ramadhan ini Allah memberikan berkah dan hidayah kepada kita, dan menjadi kita sebagai hamba yang lebih baik lagi, menjadi hamba yg bener-benar kenal dan mencintai Tuhannya, dan menjadi hamba yang dekat dan benar-benar mengimani kitab sucinya yaitu Al-Qur’an.

    Sesunggunya doa-doa dari rekan-rekan yg saya cintai sangat membantu sekali dalam pencapaian cita-cita diatas, tanpa dibantu doa perjalanan dan cinta-cita ini sangat berat dilakukan.

    Sekali lagi mohon do’anya..

    Wassalam

  51. adi isa said

    selamat berpuasa masPJ

    • @Mas Adi Isa

      Selamat berpuasa juga ya…Mas Adi Saudaraku

  52. Lambang said

    Mohon maaf lahir dan bathin.
    Selamat ibadah puasa mas PJ.

    Salam Persahabatan.

    • @Mas Lambang

      Mohon Ma’af Lahir dan Bathin juga ya…
      Selamat menjalankan Ibadah Puasa dan di Berkati Allah Swt.

      Aaamiin.

      Salam Hormat
      Salam Persahabatan
      Salam Persaudaraan
      Salam Taklim

  53. qarrobin said

    Selamat menunaikan ibadah puasa,
    mohon maaf lahir dan batin,

    @PJ tukeran link yuk

  54. @Qarrobin

    Ya… Mas Qarrobin, dengan senang Hati…untuk Tukaran Link.
    Dan Semoga bermanfa’at untuk saudara2 Muslim yang lainnya.

    Salam Hormat dan salam Hangat

    Pengembara Jiwa

    • qarrobin said

      Linknya @mas PJ juga udah saya pasang

      hatur tengkiu, qarrobin

  55. Fitri said

    Selamat menjalankan ibadah puasa

    mohon maaf lahir & bathin

    😎

  56. UPI CRUZ said

    Assalamualaikum wr wb Ulun umpat bulih lah di sini,

  57. M Muchtarudin said

    Bismillahir Rahmanir Rahim…
    Assalamu’alaikum WrWb Mas PJ dan teman-teman

    Sebelumnya Saya mohon maaf lahir dan bathin apabila ada kesalahan baik kata-kata maupun sikap dan prilaku saya…

    Dan sekiranya Mas PJ dan teman-teman berkenan serta tidak keberatan untuk menjabarkan selebar-lebarnya Al-Baari’

    Terima kasih

    Wassalam

  58. Hutann said

    Salam kasih sayang dan perkenalan untuk mas PJ, saya dapati pondok Pj ini amat bermakna bagi saya, banyak ilmu-ilmu yang bermanfaat di dalamnya.

    Saya minta izin dibenarkan mengamalkannya dalam kehidupan saya seharian. Semoga Allah merahmati mas pJ sekeluarga, pembaca blog ini dan juga saya sendiri. Aminnnnnn..

  59. juhana said

    Salam kenal tuk semua, terutama untuk mas PS.

    Banyak sekali manfaat yang dapat saya ambil dari sini.
    Semoga kita semua tetap dalam lindungannya.

    Amin……..

  60. juhana said

    Maaf, maksud saya untuk mas PJnya.

    terima kasih.

  61. KangDudung said

    Ass..
    Salam kenal dan takzim dari saya, untuk mas PJ
    Salam kenal untuk sahabat lainnya yang nongol di Blog ini. Tidak ada sesuatupun di dunia ini yang terjadi secara kebetulan. Semuanya telah direncanakan Allah dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan sahabat-sahabat yang nongol di Blog ini mendapat limpahan rahmat-Nya.

    • @KangDudung

      Wa’alaikum salam….

      Salam Kenal kembali dan Salam Hormat untuk KangDudung.

      Benar…Kang, tiada yang Kebetulan yang terjadi di Alam ini. Karena itu Allah Swt menegaskan dalam Qur’an bahwa ” Allah mencipta segala sesuatu itu tidak ada yang sia2″ (menunjukkan kepada kita bahwa apa saja yang terjadi kesemuanya terdapat Hikmah yang berharga di dalamnya)

      Terimakasih atas uraiannya Kang, dan Semoga Rahmat Allah senantiasa tercurahkan dan menyertai langkah2 KangDudung juga kita semua yang ada di Blog ini.

      Wassalam

  62. Kangdudung said

    Ass..
    Sahabat semua, saya hanyalah bisa membayangkan atau lebih tepatnya menghayalkan dan berharap suatu hari nanti, sahabat2 yang ada di Blog ini dan blog2 lainnya yang satu perjalanan bisa berkumpul secara zahir di suatu tempat.
    Kalaupun hal tsb sulit diwujudkan, saya berharap, diantara para “pejalan” bisa mengadakan “pengajian” bareng dengan pengaturan jadwal. Misal hari senin jam 15.00 – 17.00 di blog X, Selasa jam 19.00 – 21.00 di blog Y, Rabu di blog Z, dst….
    Ma’af, jangan diambil hati, ini hanyalah lamunan doang…..

    Wassalam

    • lorMuria said

      @Kangdudung
      Jikalau Saudara punya YM dan berkenan, kami biasa kumpul2 di YM, hampir tiap malam ada pertemuan dipondok Maya YM, meski hanya sekedar bertegur sapa, kami Santri-santri Pondok Pengembara JIwa senantiasa saling berhubungan berkumpul dalam alam maya dan alam Rasa.
      semoga Allah Meridhoi kita yang sama2 dalam Perjalanan menemukan Kebenaran Sejati…Amin.
      Wassalam
      YM..lormuria

      • rudy suwarno said

        @ YTH Lor Muria

        Dimata saya, anda adalah sosok senior yang saya kagumi. Ketekunan dan kesabaran dalam perjalanan menuju kebenaran. Seandainya di perkenankan, saya beminat nyantri di pertemuan trsbt. Jam berapakah biasanya.?

        GRAXX05@yahoo.com

        Terima kasih

      • Kangdudung said

        Ass..
        Sahabat Lor Muria, jujur saja saya tidak begitu mengerti caranya, mak’lum saya orang yang gagap internet dan teknologi, tapi YM saya punya dibikinin sama temen, tapi nggak pernah digunakan. YM nya dudungruh@yahoo.com, mohon petunjuknya!

        Jazakumullahi kk

      • lorMuria said

        @Rudy suwarno @Kangdudung
        Sebelumnya saya mohon ijin dulu kepada Pemilik Pondok ini Mas PJ. agar saudara2 kita yang Nyantri disini juga bisa ikutan Ronda Malam di Pondok YM. semoga Mas PJ berkenan…
        Saya dulu juga nggak tahu YM itu seperti apa? setelah diajari Mas PJ jadinya malah ketagihan sampai lupa yang lain semalam suntuk bersama YM… hihihi..
        alamat YM nya sudah saya add Mas ke Contact saya, tinggal nunggu konfirmasi dari Panjenengan.Kemudian sering2 aja On Line diatas jam 21.00 wib siapa tahu ada yang nyamperin….hehehe..Santai aja..
        makasih semuanya
        Salam Kesejatian
        dalam Kebenaran Sejati
        wassalam

  63. Kangdudung said

    Ass..
    Sahabat LorMuria, saya udah terima kirimannya ke YM, tapi terus terang saya bingung akan diapakan? karena saya benar2 bodoh ttg internet, tidak tahu langkah2nya, tapi Insya Allah saya akan belajar dulu. Jadi kalau saya belum merespon, mohon ma’af ya…. kalau nggak salah saya masuk ke kolom send message gitu?

    Jazakumulohi kk…

  64. rudy suwarno said

    Assalaamualaikum, Mas Guru PJ..

    Saya mohon ijin idd email Panjenengan.
    Sepertinya ada beberapa hal yang akan saya konsultasikan tentang agama dan spiritual kita, yang sekiranya masih agak sensitif untuk di konsumsi khalayak ramai.

    Sebelumnya Mohon ijin juga, menyimak terlebih dahulu banyak pencerahan Panjenengan.

    Semoga Barokah untuk kita semua.

    Matur sembah nuwun.

  65. @Rudy Suwarno dan saudara2 semuanya….

    Silahkan Mas…..untuk Add Email dan YM saya…

    Email : pengembarajiwa313@yahoo.co.id
    YM : pengembarajiwa313

    Wassalam

  66. nanks said

    salam bahagia untuk anda semua…!
    Karena BIIDZNILLAH saya menulis.. ini.. BIIDZNILLAH Saya kenal anda semua..! wahai para pencari..! bukakan pintu BAITULLOH dengan memperbaiki syahadatmu, syahadat bukan hanya penyaksian akan kebenaran adanya ‘AKU’ syahadat bukan hanya penyaksian akan ‘ROSUL’ ‘AKU’ tapi syahadatmu harus benar dengan bersaksi, kepada yang mau menyaksikan mu. benarkan rukun syahadatmu. supaya kamu bisa merasakan getaran energi luar biasa dari syahadatmu yang akan membawa dirimu indah mengarungi samudra RIDHO ILLAHI. benarkan syahadatmu dengan memenuhi rukun-rukun syahadat, benarkan syahadatmu seperti syahadatnya ROSUL mu disaat bersyahadat pada ‘AKU’ , seperti syahadatnya para sahabat yang mau bersaksi pada ROSULmu. seperti wali-wali yang ‘AKU’ pilih ber syahadat dengan memenuhi rukun syahadat… benarkan syahadatmu, karena itu pondasi amalmu, benarkan syahadatmu karena itu pintu mendapatkan ISLAM untuk menuju IMAN dan meraih predikat MUKHLIS sehingga anda semua ridho untuk menjadi MUJAHID yang akan di limpahi NUR ILLAHI..? benarkan syahadatmu…!!! Wahai para pencari…! siapakah yang mau menjadi saksi akan syahadatku..? aku masih jadi seorang kafir (tertutup) karena aku merasa belum ada yang mau menjadi saksi akan syahadatku..! apakah ada dari para pembaca yang telah bersyahadat dengan benar ? yang memenuhi rukun syahadat? dengan siapa anda bersyahadat ? siapa yang mau menjadi saksi syahadat anda ? tolong tunjukan aku ke dia..! berikan akan alamat dan wujudiah… dia! tolong wahai para pencari…

  67. nining zainal said

    Assalamu`alaikum,
    Mas masih ingat kami? coba diingat nama belakang sy . Sebenarnya aq nih penginnya cerita sama mas Yus tp kok g` enak. TQ salam t` abah & adik2

  68. nining zainal said

    Aq dengar kpn datng ke sby tp kok ke sidoarjo ?

  69. nining zainal said

    Aq dengar kapan datang ke sby tapi kok g ke sidoarjo?

  70. ass… ada yang pingin saya tanyakan tentang,lisan bersyahadat tapi hati dusta… apakah yang anda maksudkan itu bukti pensaksian diri yang sebenar-benarnya diri… yang sesuai firman Al – insanu sirri wa anna sirrohu.apakah diri yang langsung mi’rad kepada allah..???

  71. Setiono said

    As wr wb
    Salam kenal Sang Pengembara Jiwa serta saudara2 semua
    saya ucapkan terimakasih banyak kepada semua atas petuah2nya dan mohon doanya semoga saya dapat memahaminya amin.

  72. M. Abdul Yani said

    Assalamu’alaikum,

    Pak Guru Pengembara Jiwa, saya mohon izin untuk add Email dan YM panjenengan ya..!!

    Semoga ridlo Allah selalu menaungi Panjenengan, keluarga dan saudara2 ku semua yang di sini.

    Amiiin 3X

  73. PARDI said

    entah apa yang membuat hatiku mejadi gelisah…aku bingung mau memulai darimana,aku mohon bimbinglah aku ya ALLOH…untuk mas PENGEMBARA JIWA…tuntunlah aku,…apa yang harus aku lakukan.aku bingung….mohon pencerahan…untuk lepas dari dosa dan dosa.”pardex_orlando@yahoo.com”

  74. @PARDI

    Silahkan di Add Alamat YM (Yahoo Messenger) saya ya….???. Insya Allah, jika ada langkah-NYA menuntun kita maka kita akan berdiskusi di YM tsb.

    Ini Alamat YM saya : pengembarajiwa313

  75. Setiono said

    salam bahagia buat semua.

    Yth,
    Nanks
    Bila penafsiran saya pada tulisan anda di atas sesuai dengan apa yang anda maksud Insyaalloh saya tunjukan siapa tahu sesuai yang anda cari.
    Maaf, Nanks ada di daerah mana mohon kirim ke e-mail saya aja ti_ono@co.id salam kenal dan sejahtera.

  76. yosi said

    Assalamu’alaikum.

    Saya sangat tertarik dengan pondok Anda ini. Kalau di ijinkan mohon saya dapat banyak belajar dari Anda.

    Kalau Anda berkenan dapatkah saya mengetahui email Anda.
    Terima kasih sebelumnya.

    • @Yosi

      Wa’alaikum salam Wr,Wb…..

      Salam Kenal dan Salam Silaturrahmi serta selamat datang di Pondok PJ ini. Semoga Barokah Allah Swt senantiasa meliputi kita semua dalam Rahmat Cinta Kasih Sayang-NYA yg tiada batas. Aaamiiin.

      Silahkan saudaraku, untuk berkunjung ke Pondok PJ ini, kita sama2 Belajar dari SANG GURU yg selalu tetap setia dan tak akan lepas pandangan-NYA kepada kita dari buka mata sampai tutup mata kembali. Yaitu SANG GURU yg tidak makan juga tidak tidur serta tiada pula mengantuk.
      Adapun saya, sama saja dengan Anda dan juga sama dengan kita2 semua yg ada di Pondok PJ ini, Sama2 INSAN Sang Pelajar/Penuntut ILMU.

      Ini Alamat Email saya : pengembarajiwa313@yahoo.co.id
      Ini Alamat YM (Yahoo Messenger) Saya : pengembarajiwa313

      Info :
      Saya lebih sering Aktif di YM dari pada Email, jadi maohon Ma’af jika ada Email2 yg masuk yg tidak/belum terbalas karena saya Jarang buka Email.

      Salam…..

  77. Mas Nur said

    Asslam,
    Mas PJ bolehkan saya ikut nyantri????
    Saya lagi mencari-cari ilmu yang haq dan kehidupan yang hakiki. Dan rasanya bthin ini terus menerus menjadi gundah gulana untuk mencari sang Pencipta.

  78. kawulo alit said

    Assalamu’alaikum warohmah…

    Buat Mas Pengembara Jiwa….
    Mohon di konfirmasi permintaan pertemanan saya di YM . Nuwun

    Wassalam

  79. zakiyah said

    Assalamu’alaikum

    salam kenal…
    saya tertarik dg blog ini, krn sy sedang berjalan mencari diri sejati….
    bolehkah bertanya, bagaimana caranya agar sampai pada Haqqul yakin dan “MENYAKSIKAN” kebenaran sejati?…trimakasih

  80. Setiono said

    Mengenal Alloh wajib usaha
    Belajar Ihlas dawam bertaqwa
    Wajib Ain bertoat jiwa
    Kepada Alloh raja pencipta

    Cara mengenal Alloh taala
    Ada caranyah lima perkara
    Baca Alquran paling pertama
    Ke dua penting menghapaz Asma

    Mengenal sipat cara ketiga
    Wajib mustahil harusnyah juga
    Dengan menghapaz sipat dan nama
    Alloh teringat di mana kita

    Cara keempat mengenal jiwa
    Rasa rumasa Alloh pencipta
    Piilnyah Alloh teramat nyata
    Dengan mengaji bersyukur jiwa

    Cara kelima beryaqin jiwa
    Mengenal ezat cahaya mulya
    Mata melihat segala rupa
    Ingatlah Alloh ezat pencipta

    Putuskan tiep mahluk penggoda
    Walaupun ejin islam penggoda
    Tawassul jangan salah bekerja
    Musrik Akidah wajib rumasa

    Sipat Tawaddu punya rumasa
    Kepada Alloh senantiyasa
    Merasa diri paling berdosa
    Kepada Alloh minta hampura

    Berpedoman hadis Alqur’an
    Guru mursid di pendidikan
    Iklas sabar mengerjakan
    Rajin bertanya pengalaman

    Itulah dasar ini jawaban
    Ahli ma’ripat taklit iman
    Taklit soheh esah beriman
    Tiada gengsi nukar pikiran

    Arti nukar pemikiran
    Pikiran sesat di tinggalkan
    Merasa sampai puncak tujuwan
    Tau-tau mengsol tuntunan

    Kobul amal makbul iman
    Tujuwan hamba yaqin iman
    Dengan ilmu pengetahuwan
    Misah dari islam simbolan

    Agama islam iman ihsan
    Satu jiwa di pengamalan
    Sarat rukun di pahamkan
    Hingga batalnya ketauwan

    Bigitupun salah jalan
    Bisa tau salah jalan
    Pendapat orang masing2an
    Jalan lurus pendapat Tuhan

    Qias ijma hadis Alqur’an
    Pelan pelan di pelajarkan
    Sampai ketemu Alloh Tuhan
    Tanpa ada pelantaraan

    Dalam cerita ini temuwan
    Hanya tinggal penyempurnaan
    Duwa kalimat sahadat iman
    Terus sajah di pelajarkan

    Dalam amal bakti toat
    Ada rukun ada sarat
    Ketemu rukun ketemu sarat
    Soheh esah amal ibadat

    Ada kelas umum rakyat
    Ada husus kelas umat
    Howasil howas husus amat
    Alim ulama wajib cermat

    Jangan mudah ngatain sesat
    Walau bagi peninggal solat
    Komo ninggal solat jum’at
    Lantaran pada buwangin sarat

    Sahadat solat puasa Zakat
    Pergi haji sama bersarat
    Batal masrut tanpa sarat
    Sia-sia amal ibadat

    Surat Almaun coba lihat
    Dusta agama banyak amat
    Sahadat solat puasa zakat
    Haji tida belajar sarat

    Harta benda bukanlah sarat
    Dalam ibadah bakti toat
    Juga bukan gelar pangkat
    Walau alim ulama berpangkat

    Rosululloh contohnya umat
    Beliyau tida ngidolain pangkat
    Rosululloh sangatlah hormat
    Soheh toat walau melarat

    Aji baca tanya dan uji
    Johir batin sekujur diri
    Sampai bisa mengenal diri
    Mengenal Alloh sudah pasti

    Ezat Alloh maha suci
    Amat sulit di ceritai
    Tida bisa di samai
    Selain bisa dilihat sendiri

    Hindarilah sipat terkeji
    Hasud musrik sirik dengki
    Rumasa kotor sepenuh diri
    Kepada Alloh mintalah mandi

    Alloh repot ngajak mandi
    Alloh gendong bagai bebayi
    Alloh amat sayang sekali
    Sehingga mantau setiep hari

    Kalau lagi susah rejeki
    Alloh di suruh pergi mencari
    Alloh kuasa mengkuwasai
    Ada sajah pemberi rejeki

    Bila ihlas bagi rejeki
    Alloh juga siap mengganti
    Di aherat Alloh siapi
    Alam sorga Alloh nanti

  81. nur qolbun salim said

    Mas, PJ

    salam kenal

    saya sangat senang sekali menemukan blog ini.
    artikle sampeyan banyak membuka pikiran saya dalam hal ilmu tauhid.

    artikle ini meyakinkan saya dengan adanya Allah,rasul dan islam.
    terus berjuang, dan saya akan membaca terus tulisan anda…
    dan belajar dari tulisan2 anda…

    thanks buat mas PJ atas segala pencerahan..

  82. Muhammad Taufan said

    Ass. mas PJ. dalam blog anda sekilas saya baca tentang konsep “TITIK” mohon penjelasaanya lebih detail sesuai hadist kutsy “Man Arafa Nafsahu Fakad Arafa Allah”

  83. nining zainal said

    Ass mas Yus, minta emailnya trmksh

  84. ANDI NAWASIR said

    SYUKRAN LILLAH TERIMA KASIH MAS PJ…..DENGAN TULISAN-TULISANNYA SAYA SEMAKIN MEMAHAMI AKAN MAKRIFAH….SAYA BISA MENGANALOGIKAN DENGAN APA YANG SAYA DAPAT DARI GURU SPIRITUAL SAYA….BANYAK JALAN MENUJU ROMA…TAPI ROMA TETAP KOTA YANG SAMA….SALAM KENAL DARI ORANG BUGIS SULSEL MAKASSAR

  85. Diri-ku said

    Asslkm Mas PJ,salam kenal semua
    Mas PJ ada account facebook ndak? utk kita semua bisa saling mengisi dan berbagi…oh ya saya sdh add Mas PJ tlg diadd yah ( hartono_abinf).

    Untk Mas Nanks, coba lahir utk yg kedua kalinya untuk menemui “AKU” mu dan “DIRI” mu. Insyalah dgn perenungan kedalam yg anda cari akan ketemu. Buatlah Pengakuan untuk mendapat Pengakuan, pengakuan sebgai hamba NYA dan sbg umat Muhammad.

    Salam

  86. Satrio Lagi Edan said

    Assallamuallaikum wr wb..Mohon (penCerahanya)..apakah benar Allah itu Hanyalah sebuah Nama??

  87. suratmin said

    aslkum.wr.wb

    alhamdulillah… saya suka dengan isinya…

    salam kenal.

  88. andriadi said

    Assalamualaikum wr wb.

    Bang pian rajab ini ke sekumpul kah?

  89. mangto said

    asskumwrwb
    pakde PJ yang dikashi Allah
    saya yang bodoh ingin bartanya tentang ada sahabat yang menulis “musuh musuh allah” siapa yang dimaksud?.emang allah punya musuh?
    saya jadi bingung.terima kasih atas penjelasannya
    nuhun

  90. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    salam kenal saya nanang dari tasikmalaya, pak sya mau tanya apakah tuk menjadi orang yang ma’rifat kepada Alloh harus punya thorikot? mohon penjelasanya

  91. akriettong said

    Assalamu alaikum wr.wb,perkenangkanlah si miskin ini untuk menimba ilmu di pondok PJ ini,mohon bimbingan untuk belajar mengenal Allah,mengingat,merasakan dan mencintai ALLAH,salam kenal dari makassar-gowa

  92. Setiono said

    Beginilah Tuntunan Islam
    Belum ketemu tapi sepaham
    Islam jadi Rohmatnyah Alam
    Bila sampurna Hawa dan Adam

    Agama Ihsan iman islam
    Tanpa Simbol Amal Islam
    Beda kaipiat berbeda paham
    Hanyalah kembang penyubur Alam

    Alloh Taala pencipta Alam
    Mengawasi seluruh Alam
    Hasud dengki sirik dendam
    Alloh mengutuk siang dan malam

    Ilmu putih ilmu hitam
    Bagai kopi dua Alam
    Barang luwar barang dalam
    Tukang mitnah terburuk Alam

    Pitnah itu lebih kejam
    Dari kejamnyah ebom meriam
    Hasud dengki sesama islam
    Islam jadi penghancur islam

    Sabdolangit amanat Alam
    Coba ulama belajar maham
    Bukan timbang simbol islam
    Tetapi bijak dewasa paham

    Adapun Julang kejuluk ayam
    Di gosipin berilmu hitam
    Ulama islam hasud dendam
    Sirik dengki mengundang awam

    Pancasila jika di paham
    Isi ihsan iman islam
    Tukang mitnah ya ditikam
    Amanat Alloh pencipta Alam

    Bukti pakta tuntunan islam
    Semenjak Zaman Nabi Adam
    Kiamat hanya buwat Alam
    Manusia penghasud dendam

    Silih menuding bagai di maksar
    Sambil tida usaha sadar
    Napsu emosi sering terbakar
    Ulama silih menuding nyasar

    Orang awam salah belajar
    Para doktrin salah mengajar
    Menjadi kompak ngaco nyasar
    Sambil pada hilang sadar

    Satu duwa orang sadar
    Tapi tasabbuh pada nyasar
    Jadi tibang bingung benar
    Tungtungannyah semuwah benar

    Nuju sorga tepat benar
    Nuju naroka tepat benar
    Hanya ilmu paling benar
    Kenal Alloh Allohuakbar

    Hasud musrik bermulut besar
    Gambar sipetruk tepat benar
    Mulut besar perut besar
    Dewasa bijak picik benar

    Alloh di adu saling gampar
    Sesama iman kaga sadar
    Sesama islam ora sadar
    Katah Alloh sikurang ajar

    Julang ketuduh ngaco nyasar
    Terblokir tiep mengajar
    Murtad kapir kupur kupar
    Julang tibang berkelakar

    Saudaraku nyang masih sadar
    Sabdolangit patut mengajar
    Ulama umaro wajib belajar
    Supaya umat ketemu sadar

    Lembaran ini penting di sebar
    Kepenjuru dunya seputar
    Agar orang iklas belajar
    Paling tida rumasa sadar

    Tuntunan sudah begini baik
    Mengapa orang suka menampik
    Mungkin dari sangat picik
    Tidak sadar pasik munapik

    Amanat tablig patonah sidik
    Sipat rosul makluk terbaik
    Menuntun umat kejalan baik
    Seperti ini pabila cerdik

    Terburuk mu’min hasud musrik
    Menjadi sombong rasa terbaik
    Tuntunan iman malah ditampik
    Merasa dirinyah orang terapik

    Ahli sunah cobalah lirik
    Berjamaah hasud dan musrik
    Dongeng rosul hanya menarik
    Demi pendukung bertambah baik

    Lapad Alloh buta mendelik
    Wujud Alloh ora kelirik
    Cuma bonapid yang dilirik
    Hinggá tak sadar zolim munapik

    Putus taklid si kapir zindik
    Empat mazhab di obrak abrik
    Taklid batil ulama musrik
    Ulama pajal tidak tertilik

    Merasa keras rasa tercutik
    Nyinggung nyindir nyuruh cerdik
    Kepada Alloh cermat cerdik
    Jikalau benci itulah musrik

    Julang bersukur pada peracik
    Tiep tuntunan amatlah baik
    Ini lembaran penyebab taupik
    Jika pembaca tidak munapik

    Musuh Alloh sihasud musrik
    Hidup serakah teramat sirik
    Sesama umat silih mencutik
    Akhirnyah kompak Alloh neng nyutik

  93. Amin Azis said

    assalamu’alaikum,saya mau berbagi pengalaman yg sebenarnya apa yg terjadi pd saya tdk tahu,begini om PJ,hari kamis siang,kepala saya pusing,biasanya kalo sudah minum obat,tdk brapa lama sembuh,tapi tidak sembuh juga malah tambah badan saya deman,saya putuskan minum obat lagi,pas malam jumat waktu hbs solat asar,demam kian bertambah hingga sy gak kuat berdiri dan sy putuskan tuk berbaring,disaat demam yg tinggi tersebut ssaya pasrah kepada yg kuasa,teringat kisah sebelum wafatnya rosululloh,beliau mengalami demam jg,dalam hati saya,saya saat tersebut berkeyakinan bahwa alloh sedang memperhatikan saya,bukan rasa sakit yg saya rasakan wktu itu,tetapi mengangap sebuah kenikmatan yg diberikan alloh pd saya,saya coba tersenyum dihati saya,malah sy berterima kasih sekali dikasih sakit saat tersebut,apa yg terjadi,tiba2 saja ada sesuatu yg masuk dlm tubuh yg sy rasakan,demam panas hilang seketika,mata ini yg merah karena mengeluarkan air mata menahan sakit tiba2 jadi bersih,badan terasa ringan seringannya,sembuah dlm sekejab,bahkan istri saya terkejut dg peristiwa tersebut,yg saya alami dalam hati saya itu,ada keanehan,dalam hati sy cuma hanya allohlah yg saya inginkan,dunia sama sekali tidak terbersit lagi dihati saya,padahal saat itu sy lagi ada hajat bekerja diluar negeri tidak terlalu penting dibenak sy,saya rasakan kenikmatan yg luar biasa ketika menyebut asma alloh,kjadian tersebut sy alami kurang lebih 30 menit,dan perlahan2 hilang berangsur angsur seperti sedia kala,dan demam saya sembuh seketika saat itu,sekarang sy berada diluar negeri,ketika pas wirid,hbs solat,terjadi lagi pengalaman seperi dulu,seakan akan dunia ini tidak penting banget hanya alloh dan alloh saja dihati saya hingga saya putuskan berhenti wirid karena takut,sebetulya apa yg terjadi pada diri saya om PJ,syukron wassalam

  94. Sapto Margono Soewito said

    Assalamu’alaikum wr. Wb
    Kalau Bisa ditambahkan Link untuk download Materi agar kita bisa mendowload materinya terima kasih
    Wasalam
    Sapto MS

  95. Sani Kurnia said

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    perkenalkan saya sani kurnia, saya pernah mengikuti pengajian tashawuf. indahnya tashawuf pernah saya rasakan, hawa nafsu yang seakan menghilang, doa yang selalu terkabul, melakukan ibadah menjadi sangat indah dan nikmat.

    namun belakangan ini orangtua saya jadi melarang karena banyak hal-hal kontroversial tentang tasawuf (tentu menurut versi mereka). mereka orang-orang yang anti dan suka mencala penganut tashawuf.

    keluar dari tashawuf serasa mati dalam keadaan su’ul khotimah, serasa menjadi seorang murtadz,

    bagaimana yang harus saya lakukan selanjutnya?
    apakah saya boleh ikut pengajian tashawuf secara diam-diam tanpa diketahui orang tua saya?

    ataukah saya boleh ikut pengajian tashawuf secara terang-terangan meskipun orang tua saya melarang dan tidak meridhai saya?

    ataukah saya memang tidak boleh lagi mengikuti pengajian tasawuf karena tidak ada izin dan ridho dari kedua orang tua. sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadits: “ridho Alloh terletak pada ridho ibu bapak”

    jika seperti itu, haruskah saya menjadi seorang murtadz selamanya? na’udzubillah.

    saat ini keadaan iman saya sangat terpuruk, sangat jauh dari ingat pada tuhan. namun setidaknya ada setitik kesadaran akan pentingnya meraih kembali jalan tuhan….

    mohon jawabannya dari anda yang sudah lebih faham,
    Terima kasih, semoga Alloh meridhai anda semua, amin!

    • Amin Azis said

      memang hal ini terjadi pd saya jg om sani,kebanyakan yg mendebat masalah tasawuf ini dari golongan kaum salafi,tapi anehnya,ulama2 yang dijadikan anutan mereka seperti syekh ibnu taimiyah yg menentang keras tasawuf akhirnya mengakui bahwa tasawuf adalah salah satu jalan kebenaran,yg tertuang dlm kitab al majmu al fatawa ibn taimiyah,terbitan dar ar rahmat,kairo volume 1,hal 497,kemudian abdullah ibn muhammadibn ‘abdul wahab kita b ar-rasail ash-shakhsiyya hal 11,12,61,64 mendukung ilmu tasawuf karena dapat mensucikan lahir batin,dari lahir kelihatan benar dari batin belum tentu benar maka diperlukan ilmu tasawuf,masih banyak ulama2 salaf lain yg mendukung ilmu tasawuf sangatlah diperlukan,menurut pendapat saya,alangkah baiknya kita mempelajari ilmu syariat yg kita gabungkan dg ilmu tasawuf,jadi lahirnya baik jg batinnya baik

  96. Assalamualaikum W.Wb.
    Yang berbahagia PJ,
    Saya telah membaca blog PJ dan terasa ingin sekali sekira nya di izinkan Allah SWT ingin berjumpa dengan PJ secara langsung. Sudi kira nya PJ menerima bertemu dengan saya…. InsyAllah…
    Wasalam.

  97. sanja said

    salam buat PJ n semua pembaca,
    sy inginkan pencerahan ttg bagaimana yg telah mgenal Allah atau bermakrifat menjalani kehidupan, adakah mereka boleh menjalani kehidupan mewah atau bersederhana saja, mohon pencerahan tk..

  98. alfaqir said

    syekh pj bisakah anda membimbing sy diluar pondok ini?

  99. agus arifin said

    bolehkah saya bertanya,ketika seseorang membaca syahadat khususnya pd syahadat rosul “wa asyhadu annamuhammadarrosuululloh”siapakah yg dimaksud disini,apakah khusus pd nabi muhammad saw,ataukah jg kepada seluruh makhluk,karna kalau ditinjau dari sejarah kejadian,makhluk yg pertama diciptakan alloh adalah nur muhammad yg dicipta dari nurnya sendiri{alloh},yg kemudian dari nur muhammad itu alloh ciptakan seluruh makhluk,mohon penjelasannya dan maaf bila paertanyaan saya kurang berkenan

  100. mas PJ saya mau tannya apakah boleh kita mempelajari ilmu Goib sementara yang kita pelajari ini kan ilmu nyata yang kita rasakan tidak ada goibnyakan? mohon pencerahannya makasih

  101. Dear Abang PJ

    salawat dan salam selalu,

    salam kenal,
    Kami ingin berkenala lebih jauh dengan abang PJ,
    klo posisi abang di bpp, kami juga dengan posisi yg sama dengan abang,
    mohon konfirmasi agar hubungan silaturahmi ttp berjalan dan mudah mudahan saya, bisa lebih jauh lagi dan dapat berbagi dengan abang PJ. mohon konfirmasinya disini atau melalui email.

    terimakasih sebelumnya,
    wassalam

    Awan Lintang Kelana

  102. achmar r. said

    Assalamualaikum

    Mas PJ skrg domilisi dmn??klo saya silaturahmi ke rumas mas PJ bisa??setelah membaca blog mas, hati saya lebih tentram
    trimaksh

    wassalam

    • Wa’alaikum salam Wr,Wb….
      @achmar r. saudaraku yg di berada dalam Naungan Pandangan Rahmat Allah Swt. Sy berdomisili di Balikpapan, kalau “DIA” menghendaki Anda utk bertandang ke Gubuk saya, silahkan……dan Pintu Gubuk saya selalu terbuka untuk siapa saja.

  103. mas PJ sya mau tnya,,tolong jelaskan 10 rukun jazad…

  104. adajiwa said

    salam mohon balasan Mas PJ…soalan saya juga ingin tahu adakah keinginan berjumpa nabi Muhamamd saw dalam mimpi adalah hawa nafsu? atau sekadar berharap saja

    • @adajiwa…..,
      Jika seseorang itu berkeinginan utk berjumpa Nabi Muhammad Saw dalam mimpi di dasari oleh Rasa Cinta dan tulus maka Insya Allah itu bukanlah Hawa Nafsu melainkan panggilan Jiwa dalam kerinduan. Dan silahkan berharap…namun tetaplah Tawakkal selalu dan jangan pernah tuk berkeluh kesah, Ikhlaslah dalam Harapan itu dan Ikhlas pulalah terhadap ketentuan Allah Swt yg akan berlaku atas harapan itu. Maka semoga dipelihara daripada Syak wasangka dan ditetapkan Iman dalam Ketenangan Jiwa. Aaamiiin…..

  105. MS said

    mas pj prtnyaan sya yg rkun jzad jwbne di email ajh….terimakaaaaaaaaaaaaaasiiiiiiiiih muhammadsyaefudhin@gmail.com

  106. Darwin said

    Ass.WrWb.
    Bagai mana cara cepat utk berjumpa dengan ruh idhofi semoga mas dapat berbagi . Aaamiiin…..

  107. Bambang ( BANGKAI BERJALAN ) said

    Kang Mas PJ yg di Muliakan Alloh S.W.T……………..
    kata Syeh Siti Jenar ” gulung lah nafas mu sebelum Dia menggulung nafasmu ” atau ” matikan diri mu sebelum mati ”
    bgmn cara ini semua agar bisa terlaksana apakah cukup dgn dzikir ( ingat ) sdng kan dzikir pun klo masih merasa blm berdzikir blm bisa di katakan berdzikir…..krn di dlm berdzikir pun kita masih lalai dlm mengingat NYA…..mohon penjelasan nya kang mas PJ…..matur sembah nuwun ( terima kasih )

  108. wawan said

    mas pj bisa minta ID ym dan alamat facboknya

  109. Mengenal Alloh wajib usaha
    Belajar Ihlas dawam bertaqwa
    Wajib Ain bertoat jiwa
    Kepada Alloh raja pencipta

    Cara mengenal Alloh taala
    Ada caranyah lima perkara
    Baca Alquran paling pertama
    Ke dua penting menghapaz Asma

    Mengenal sipat cara ketiga
    Wajib mustahil harusnyah juga
    Dengan menghapaz sipat dan nama
    Alloh teringat di mana kita

    Cara keempat mengenal jiwa
    Rasa rumasa Alloh pencipta
    Piilnyah Alloh teramat nyata
    Dengan mengaji bersyukur jiwa

    Cara kelima beryaqin jiwa
    Mengenal ezat cahaya mulya
    Mata melihat segala rupa
    Ingatlah Alloh ezat pencipta

    Putuskan tiep mahluk penggoda
    Walaupun ejin islam penggoda
    Tawassul jangan salah bekerja
    Musrik Akidah wajib rumasa

    Sipat Tawaddu punya rumasa
    Kepada Alloh senantiyasa
    Merasa diri paling berdosa
    Kepada Alloh minta hampura


    Berpedoman hadis Alqur’an
    Guru mursid di pendidikan
    Iklas sabar mengerjakan
    Rajin bertanya pengalaman

    Itulah dasar ini jawaban
    Ahli ma’ripat taklit iman
    Taklit soheh esah beriman
    Tiada gengsi nukar pikiran

    Arti nukar pemikiran
    Pikiran sesat di tinggalkan
    Merasa sampai puncak tujuwan
    Tau-tau mengsol tuntunan

    Kobul amal makbul iman
    Tujuwan hamba yaqin iman
    Dengan ilmu pengetahuwan
    Misah dari islam simbolan

    Agama islam iman ihsan
    Satu jiwa di pengamalan
    Sarat rukun di pahamkan
    Hingga batalnya ketauwan

    Bigitupun salah jalan
    Bisa tau salah jalan
    Pendapat orang masing2an
    Jalan lurus pendapat Tuhan

    Qias ijma hadis Alqur’an
    Pelan pelan di pelajarkan
    Sampai ketemu Alloh Tuhan
    Tanpa ada pelantaraan

    Dalam cerita ini temuwan
    Hanya tinggal penyempurnaan
    Duwa kalimat sahadat iman
    Terus sajah di pelajarkan

  110. bendy said

    ass..wr wb.. mhn maaf kalo di ijinkan saya bertanya. saya hanya manusia kotor yang ingin mandi dan bersih menurut Allah. mhn saran dan apapun carannya. Insya Allah akan saya lakukan. Wassalam.. matur suwun nggiee….h

  111. Aan said

    Asslmu alaikum wr.wb
    Permisi…Minta alamat yng di Balikpapan,Batu ampar.Salam Kenal…Aan

  112. sardi bin bani said

    Assalamualikum..bang PJ..

    kalau boleh tahu,,bang PJ,,,tinggal di mana???

    bolehkah ane..ber kunjung,,,,salam

    wassalamualikum,,

  113. asep said

    Assalamualaikum wr wb
    nyarios cangkang jenung eusi………..eusi ma’rifat cangkah fiqih …1 .cangkang 2 eusi katilu naonnya ? punteng kang nyuhunkeun bantosanna hatr nuhun..mugi allah swt salawasna mafarinan urang sadaya kan sagal kanikmatan dunia tur aherat sarta urang sadaya aya dina safaatna Nabi Muhhamd saw,Htr nuhun wasal

  114. Hm Tanjung said

    .Yth, Pengembara jiwa
    Ass…wr wb.
    Banyak kejadian yg diluar jangkauan akal yang sering saya alami,..saya berharap sekali dapat bimbingan tapi saya tidak tau harus kemana, Berterima kasih sekali dalam kesempatan ini saya dapat menyampaikan apa apa yang membebani hati dan fikiran saya selama ini…
    Saya akan ringkas dengan hanya menyampaikan poin-poinya saja, awal ceritanya saya pacaran dgn beda agama..pacar saya mengajak saya untuk pindah keyakinan mengikuti agamanya, tentu saja saya menolak dengan tegas, sekalipun islam saya cuman islam KTP.

    Akhirnya kami sepakat…saya mempelajari kitabnya, pacar saya mempelajari kitab al-quran, saya ikut kerumah ibadahnya, dia juga ikut ke mesjid…kami sepakat mencari mana yang lebih benar diantara agama yang kami pegang….tak terasa selama saya menjalani kespakatan itu bathin saya kian hari kian bertambah hampa rasanya, saya betul-betul tersiksa dengan kekosongan jiwa ini selama menjalani kesepakat itu.

    Pada waktu itu saya ingat setelah pulang dari tempat pacar saya sekitar jam 11an lebih saya sampai dirumah…tergerak hati saya untuk mendirikan sholat untuk memohon kekuatan dari kekosongan hati ini..pada waktu akan berwudhuk melihat air dibaskom itu saya rendamkankan kedua belah tangan saya dengan membaca al fatihah karena hanya surat ini yang paling hafal betul sama saya sepuas puasnya saya membacanya….tak terasa mungkin karena begitu lamanya tangan saya didalam air tadi, terasa betul dingin air tadi menjalar keseluruh tubuh saya, sampai mual perut saya karena menahan dingin air tadi menusuk tulang. saya berhentikan membaca dan saya langsung berwudhuk… saya dirikan sholat dua rakaat. setelah selesai saya lansung tidur karena didera kantuk yang luar biasa.

    begitu terbangun saya teringat kampung saya, tanpa bicara sepatah katapun baik dengan yang punya kos, teman teman, orang kantor, bahkan dengan pacar saya sendiri. Saya lansung membeli tiket dan berangkat tanpa pamit kesiapapun…yang ada dalam pikiran saya cuma satu, sampai dikampung saya akan rajin sholat dan tidak memikirkan kehidupan ini lagi….

    setiap selesai sholat isya saya selalu membaca al fatihah sebanyak banyaknya…sampai mata saya mengantuk dan saya lansung tidur. Berjalan lebih kurang 6 bln saya dapat lagi merasakan ketenangan bathin ini dan saya jadi teringat lagi untuk mencari pekerjaan. saya melamar lagi disalah satu perusahaan dan saya diterima, karena pengalaman saya sama dengan pekerjaan saya yang baru.

    Dalam melakukan aktifitas pekejaan, saya lebih banyak pulang sampai malam… sampai dirumah makan trus berwudhuk, sholat dan membaca alfatihah sampai tidur…begitu seterusnya.

    kejadiannya ber awal…pulang kerja selesai makan saya mau berwudhuk…tiba tiba saya mersakan ketakutan yang luar biasa sekali, saya jadi heran..padahal kamar mandi didalam rumah, disamping kamar saya lagi dan penerangannyapun sangat optimal, tapi kenapa saya begitu ketakutan untuk pergi berwudhuk…saya jadi berpikir ada apa sebenarya nih…kenapa saya takutnya setengah mati rasanya…saya lawan saya kuatkan hati untuk terus berwudhuk..begitu sampi dikamar mandi mau berwudhuk, saking luar biasanya rasa takut menyerang saya, mau rasanya saya lari keluar untuk tidak jadi saja sholat…saya coba lawan lagi untuk melawan rasa takut yang entah dari mana
    datangnya itu…dan saya selesai berwudhuk. Saya lansung kekamar dan menggelar sajadah…Astaghfirullah….begitu sajadah terbentang mau copot semua bulu yang ada disekujur tubuh saya ini berdiri diserang rasa takut yang semakin menjadi jadi…mau saya urungkan saja niat untuk tidak sholat saja malam ini..semampu hati saya….saya paksakan dengan mengangkat takbir..Allahu akbar…selesai membaca doa iftitah dengan badan meriang riang menahan rasa takut yang semakin mengebu gebu saya lanjutkan membaca alfatihah…..subhanallaaah…mulai dari dalam ujung jari kaki saya bergemuruh menggulung gulung naik menjalar keatas sampai ke ubun ubun saya…menembak keatas dari dalam tubuh saya lebih kurang sampai tujuh kali, sepertinya bobol bagian atas kepala saya rasanya….saya tidak kuat lagi menahan rasa takutnya…mau terbang meloncat ke atas tempat tidur rasanya karena rasa takut yang belum pernah saya jumpai sehebat ini…tiba tiba datang saja satu kekuatan didalam diri saya untuk mengimbangi rasa takut itu… selesai juga sholat isya saya…alhamdulillaa…hirrabil`alamiin…

    kejadian berikutnya…saya pergi meeting ke jakarta, selesai acara meeting kami diberi kesempatan satu hari mau kemana sebelum kembali ke cabang masjng masing…teman teman saya dari semua cabang sudah pada pergi, tinggal saya sendiri dihotel, saya malas betul keluar karena ingat mantan pacar saya di Jakarta ini.

    Karena sendiri saya tergerak hati untuk mendirikan sholat sunat Tasbih, saya masuk kekamar, saya tutup semua gorden lalu saya hidupkan lampu tidur sehingga suasananya jadi seperti malam hari… saya berwudhuk lalu sholat… setelah mengangkat takbir saya jadi terkesima…karena bacaan sholat dilafaskan sendiri dengan bagusnya dari dalam dada saya…saya termangu, kok bisa begini…kenapa bergema sendiri bacaan sholatnya dari dalam dada ini tanpa mulut saya ikut membaca…saya dengar dan saya ikutin saja bacaan itu..dan pas rukuk saya rukuk, pas sujud saya sujud….sampai salam, selesailah sholat tasbih saya sebanyak 4 rakaat 1 salam….
    Namun ada yang luar biasa pada waktu saya masih duduk setelah salam…ternyata masih ada gema satu kata yang tidak berhenti melafaskan dari dalam dada saya ini…gema 1 kata itu pas persis sama dengan gerakan denyut jantung saya….saya termangu mendengarnya…terus bergema seirama dengan denyut jantung saya….saya berdiri sambil melipat sajadah dengan terus mendengar gema kata yang keluar dari dalam dada saya itu…saya letakan sajadah saya mengarah ketempat tidur sambil berbarngan saya nikmati gema 1kata itu dengan termangu mangu…belum 1 menit tiba tiba bergemuruh dari dalam ujung jari kaki saya. naik terus menggulung gulung ke atas, sampai dikepala menembak lepas keluar tubuh saya dari dalam tubuh saya tadi…saya kaget ???… keluar tubuh saya dari dalam tubuh saya sendiri, nampak betul oleh saya tubuh saya tinggal diatas tempat tidur dan tubuh saya yang keluar terbang naik sekencang kencangnya keatas… sepertinya kecepatan naik tubuh saya itu melebihi kecepatan kilat petir..naik terus membubung…dan luar biasa saya sampai dilangit…logika saya jadi berfikir langit itu secepat kita menggapai atau mengejarnya jaraknya tidak akn pernah berubah dan saya sampai dilangit…saya takut luar biasa, berarti saya tinggi sekali..saya sampai dilangit…
    Tiba tiba gema yang 1kata dari dalam dada saya tadi berubah menjadi kata Allahu Akbar…lansung rasa takut saya hilang dengan sendirinya….dan, dan tubuh saya naik lagi melejit dengan kecepatan yang sangat luar biasa…..berlapis lapis langit saya lewati, saya tidak dapat menghitungnya dengan pasti, karena saking kencangnya tubuh saya tadi terbang naik….La ilaaha ilallaah….habis langit, ya habis langit saya lewati….tubuh saya terkatung katung….sejauh mata saya memandang yang kelihatan hanya awan putih bertaburan…..
    Saya ngeri, berarti saya sangat tinggi sekali… saya takut karena terlalu tinggi…saya bergantungan diawan putih itu…saya masih takut…dan kata Allahu Akbar yang menggema dari dalam dada saya itu kembali ke 1kata yang semula..dan tubuh saya turun…turun begitu pelan sekali,,,saya jadi berpikir kapan sampinya nih, naiknya begitu luar biasa kencangnya kok turunya begitu pelan sekali…
    Dan menakjubkan, tubuh saya yang tunggal diatas tempat tidur tadi, ternyata ada disalah satu awan putih yang tidak berapa jauh dari saya…tubuh saya lansung menuju tubuh saya yang diatas awan itu…dan LUAR BIASA…tubuh saya masuk lagi kedalam tubuh saya yang diatas awan putih itu…masuk, masuk badan, dan tinggal kepala mau masuk…dan masuk..luar biasa… saya lansung sampai diatas tempat tidur.

    Saya termangu, apa yang terjadi terhadap diri saya…bulu saya lansung merinding mengingat kesemua kejadian yang terjadi terhadap diri saya. dan saya merasakan ada sesuatu dalam genggaman kedua belah tangan saya….saya jadi berpikir apa yang ada dalam gengaman tangan…setahu saya saya hanya memegang awan bergantungan karena tinggi sekali, tapi dalam kedua genggaman tangan saya sepertinya benda padat…pelan saya angkat tangan saya…astghfirullaah…tangan saya besar luar biasa, saya baru sadar badan saya jadi besar tapi hampa atau seperti apa rasanya ah…semu…saya ingat lagi apa isi geggaman saya…pelan pelan saya buka genggaman saya..wow..ternyata tidak ada apa apanya dalam genggaman saya,tapi saya katupkan lagi jelas ada sesuatu dalam genggaman tangan saya…seperti benda padat, tapi saya buka tidak kelihatan…saya ingat lagi tangan saya yang besar…pelan pelan saya sentuh dengan ujung jari saya..menakjubkan, tangan saya normal kembali…saya pegang lagi tangan yang satu lagi, dan normal…saya pegang sekujur tubuh saya dan normal semua seperti awalnya tubuh saya…

    saya jadi berpikir, apakah yang ada dalam genggaman kedua belah tangan saya ini…apalagi diwaktu mengangkat takbir dalam mendirikan sholat, terasa betul ada seperti benda digenggaman tangan saya.

    Saya mencari tau kemana mana, namun tak satupun jawaban yang dapat saya pedoman. sampai beberapa tahun kemudian…datang lagi sebuah kejadian yang lebih berbeda lagi…

    Saya sedang dalam kemelut rumah tangga…slalu ada saja pertengkaran….terkadang permasalahanya tidak terjangkau lagi oleh akal pikiran saya….saya putuskan memperbanyak ibadah saja…karena sudah tidak terpikirkan lagi oleh saya kemelut kemelut yang saya temui.saya slalu sholat malam, terus sholat duha memohon pertolonganNya, dan paling sedikit sekali seminggu saya sholat tasbih….

    waktu itu saya lagi santai ditempat usaha saya sendiri…tiba tiba muncul siratan dari dalam diri saya, yang mengatakan jalani sajalah hidup ini,,,saya kaget ???
    dan di isyaratkan lagi kepada saya… buka kitab itu, yang kebetulan ada al quran didekat saya….dia ceritakan semua yang tersirat dari yang tersurat didal al quran itu kepada saya melalui surat Al-Fathah,,,diceritakan kepada saya apa itu syahadad bukan kalimatnya….
    Dan saya disuruh ber puasa…sayapun patuh dan berpuasa…dan saya terus berpuasa sampai pada suatu malam selesai berzikir habis sholat…masuk sms dari hp saya yang nomornya tidak terdaftar didaftar nama hp saya…isi sms nya mengucapkan kepada saya selamat ulang tahun…saya jad berpikir siapa sih yang kirim sms tengah malam buta ini…iseng saya lihat kalender, ternyata memang hari lahir saya sekarang…saya jadi termangu, saya hitung sudah berapa lama saya berpuasa…ternyata sudah 40 hari saya berpuasa….
    dan ber kata lagi isyarat ghaib dari dalam diri saya tadi….dikatakannya kalau saya sudah selesai bermunajat……

    Sampai saat ini kemelut silih berganti say temui…saya lelah…. saya merasa betul tidak ber iman sama sekali menghadapi smua ini…saya tidak tau apa yang sedang terjadi terhadap diri saya……wasalamun alaika….

    • ass. saudaraku mas p.j.
      tolong balasannya pada posting saudaraku Hm Tanjung ini dibahas di pondok ini..tq..wslm.

    • Alit said

      mas Hm Tanjung…. silakan berkunjung ato message saja pengembara jiwa di https://www.facebook.com/PJ313?fref=ts. Beliau nya jarang berkunjung ke wordpress lagi. lebih sering ke fb.

    • hero ana' sulawesi said

      Assalamu alaikum,,, sdraku HM Tanjung ,,,Subohanallah,,,Alhamdulillah Allah Ta’ala telah memberimu petunjuk / mendapatkan ridhonya Allah Ta’ala,,,Anda telah merasakan akan nikmatnya alam fana itu krn Alam itu mata baharu tidak dapat melihat lansung akan tetapi mata hati yang melihat lansung dan susah untuk kita terlalu ungkapkan atau bahasakan krn akan nikmatnya yang di katakan alam fana,,,dan amalkan terus surat Al fatihah sdraku anda bisa jadikan wirid bacalah minimal 100x sdraku tiap harinya,,,guruku juga pernah memberitahukan padaku bahwa satu buah Al Qur’an yang dibaca isinya ada terurat pada surat Al Fatihah dan surat Al Fatihah isinya tersurat pada Bilmilahirramanirohim dan Bismillahirrahmanirohim isinya tersurat pada Bismillah (dengan mengucapkan nama Allah)….semoga kita semua di beri petunjuk oleh Allah SWT,,, Amin………….

  115. Assalaamualaikum
    Salam kenal pj, beri saya nasehat

  116. Assalaamualaikum
    Salam kenal pj, beri saya nasehat cara menggabungkan syariat dan hakikat
    Terimakasih

  117. Iwan Setiawan Setiaki said

    Assalamu’alaikum…Kang Mas PJ,..

    ilaahi anta maqsuudi waridhoka,…Saya ingin jawaban kang mas PJ atas pertanyaan saya tentang Syarat Mutlak untuk ” AUAWALU WAAJIBIN’ALAL INSAANI MA’RIFATUL ILAAHI BISTIQOONI ” , apakah harus diwajibkan untuk memahami SIFATULLOH WAJIB 20 , MUHAL 20 , WENANG 10 ( wajib dan Muhal ) atau yang di sebut MUTAQOT SEKET?,..Terus Bagaimana Cara praketnya untuk menyaksikan Dzatulloh dengan senyatanya,..? Mohon penjelasannya Kang mas PJ,..Wasalam.

  118. B L said

    Assalamualaikum… PJ n salm kenal

  119. ilham said

    asslamu alikum
    sekedar saling menukar pemahaman, sesungguhnya apa yang kita cari dari ilmu kesempurnaan islam, dan apa akhir yang kita pegang dari ilmu kesempurnaan?karena kita disuruh mencari wal Awal dan wal Akhir? di Hari kemudian Allah menuntut Mana KepunyaanKu yang telah Aku Letakan didalam DiriMU (Manusia)

  120. ito said

    Ass. Wr. Wb.
    Salam kenal dari saya Ito.
    Alhamdulillah, saya mengucapkan puji serta syukur dengan adanya blog ini saya rasakan manfaatnya sebagai wadah dan sarana komunikasi dan kajian ilmu bagi orang yang awam dan bodoh seperti saya.

    Selama ini saya mencari pembimbing yang mampu dan ikhlas memberikan bimbingan ilmu kepada saya yang awam tentang Ma’rifatullah.
    diusia saya yang sudah 35 tahun ini, saya masih mencari jati diri dan pengenalan terhadap Allah SWT.

    Beberapa tahun ini saya mencari dan mencari jati diri saya dan ingin sekali mengenal secara hakiki tentang Allah SWT dengan segala kebesaranNya. saya merasa bahwa hidup saya hampa dan belum memberikan manfaat kepada sesama.

    Saya bingung terhadap diri saya, apakah yang terjadi pada diri saya? saya merasa apa yang saya jalani bukanlah dunia saya, bukan hidup saya, dan bukan diri saya. apakah yang harus saya lakukan dalam proses “pencarian” ini? mohon pencerahan dan bimbingannya. Tks, Wassalam.

  121. Ass. PJ. saya mencoba untuk berkonsultasi lewat blog anda, namun sampai pada saat ini belum mendapat respon. Mohon tanggapannya, Tks.

  122. Edward Bastari said

    Assalamualaikum Pengembara Jiwa.
    Saya adalah seorang mualaf. sejauh ini saya hanya memahami sedikit sekali tentang ajaran islam, Allah , di usia saya yang ke 45th ini saya ingin mencari pembimbing yang dapat menunjukaan jalan kehidupan yang benar dan di ridohi oleh Allah SWA. mohon petunjuknya saudara saudaraku agar saya dapat menjadi orang yang lebih baik dan berguna.
    Trima kasih . Walaikumsalam Wr wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: